Search
Search
Close this search box.

Samboja Tingkatkan Kualitas Sektor Pertanian untuk Dukung Lumbung Pangan Kaltim

Camat Samboja, Damsik (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Kecamatan Samboja di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar di sektor pertanian, selain sebagai penyuplai ikan laut di beberapa wilayah di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Samboja terus berusaha untuk meningkatkan kualitas sektor pertanian ini untuk mendukung misi Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Camat Samboja, Damsik, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai tindakan untuk meningkatkan kualitas sektor pertanian di Kecamatan Samboja. Salah satunya adalah dengan merawat dan membenahi waduk Samboja yang menjadi sumber pengairan bagi lahan pertanian masyarakat.

“Ini menjadi kewajiban kami untuk menjaga wilayah waduk itu. Karena disitu sebagian besar petani,” kata Damsik saat dihubungi wartawan pada Rabu (1/11/2023).

Baca juga  Wakil Bupati Kukar Ajak Masyarakat Meriahkan Koba Fest 2023, Ada Armada dan Kiki "Pantura 4"

Damsik menjelaskan, waduk Samboja yang berlokasi di antara Kelurahan Wonotirto, Tanjung Harapan, dan Desa Karya Jaya ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana pengairan pertanian, tetapi juga sebagai kawasan resapan air saat musim hujan.

Damsik juga mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar waduk Samboja. Ia mengatakan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menetralisir kawasan tersebut dari kegiatan penambangan batubara ilegal yang merusak ekosistem.

Ia mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk segera melapor jika ada aksi penambangan batubara ilegal di sekitar lokasi Waduk Samboja. “Jika ada penambang liar di sekitar waduk itu disampaikan ke kecamatan,” ujar Damsik.

Baca juga  Pemuda Desa Loh Sumber Diminta Beralih ke Sektor Pertanian

Damsik juga mengimbau kepada masyarakat untuk melapor dan bertindak langsung jika ada penambangan ilegal di sekitar waduk Samboja. “Saya selalu mengimbau kepada masyarakat sekitar waduk. Agar bersama-sama menolak penambang liar,” ucapnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]