Search
Search
Close this search box.

Resiko Terbakar Jika Simpan Ponsel di Bagasi Motor

ilustrasi motor terbakar
ilustrasi motor terbakar

PROKALTIM.COM, TANGERANG – Berkaitan dengan keselamatan dan resiko kecelakaan, ada beberapa anjuran sikap, sebaiknya tidak diabaikan pengendara motor.

Satu anjuran terpenting, jangan pernah meninggalkan ponsel, powerbank, atau peralatan elektronik dalam bentuk apapun di dalam jok motor.

Kondisi ini diklaim sangat berbahaya karena beberapa faktor. Pertama, suhu bagian dalam jok pastinya jauh lebih panas. Paparan suhu ini bisa membuat perangkat elektronik overheat.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, risiko terkecil yang bisa dialami pengendara dengan kebiasaan ini adalah kerusakan perangkat elektronik.

“Bagian dalam jok kan panas, bisa rusak nanti hapenya. Sebetulnya untung kalau cuma rusak hape, kalau apes ya motor bisa kebakar,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Baca juga  Daihatsu resmi luncurkan All New Astra Daihatsu Ayla di Balikpapan, Simak Keunggulan dan Harganya

Anto mengatakan, risiko motor terbakar memang sangat mungkin terjadi. Pasalnya, uap bensin juga bisa berkumpul di bagian dalam jok.

Jika uap ini terpantik api akibat peralatan elektronik, kobaran api akan langsung muncul secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, respon penanganan secepat apapun pasti akan percuma.

Sejatinya, tidak hanya peralatan elektronik saja yang dilarang disimpan di dalam jok motor, tapi juga peralatan-peralatan lain dengan kemampuan memantik, misalnya korek api.

“Baiknya bagasi itu buat nyimpan jas hujan atau helm saja. Kalau bawanya banyak, ya pakai tas, jangan taruh bagasi,” kata Anto. (admin)

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jangan Pernah Simpan Ponsel di Bagasi Motor, Bisa Kebakaran”, Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/05/181200715/jangan-pernah-simpan-ponsel-di-bagasi-motor-bisa-kebakaran.)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]