Search
Search
Close this search box.

Inovasi Luar Biasa! Joystick PS5 Menjadi Kemudi Mobil Listrik Canggih

PROKALTIM – Sony menunjukkan hal yang begitu luar biasa di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat. Sebab controller PS5, yakni DualSense, ternyata bisa digunakan untuk menggerakkan sebuah mobil.

Kecanggihannya tersebut dipertontonkan langsung oleh Izumi Kawanishi, Bos Sony Honda Mobility. Saat itu dirinya hendak memamerkan mobil elektrik hasil racikan Sony dan Honda, yang diberi nama Afeela.

Pengontrol DualSense yang kaya akan fitur ini, mengemudikan Afeela dari jarak jauh untuk membawanya ke tengah panggung. Lalu lampu depannya menerangi panggung yang gelap, dan kamera yang terpasang di kabin membuktikan bahwa kendaraan tersebut memang tidak memiliki pengemudi tersembunyi.

Namun di sini Kawanishi langsung mengklarifikasi, bahwa kecanggihan DualSense yang ia tunjukkan semata-mata hanya sebuah demo teknologi. Tujuannya adalah untuk memperlihatkan bahwa perangkat lunak dapat menentukan fungsi dan nilai baru, dilansir detikINET dari Gamerant, Kamis (11/1/2024).

Baca juga  Sempat Ditunda, Peluncuran Xiaomi 13 Jadi 11 Desember

Selain bisa dikendarai dengan DualSense, Kawanishi juga ingin menyoroti kecerdasan buatan (AI) yang disematkannya di Afeela. Teknologi ini dapat digunakan untuk membantu mengemudikan mobil tersebut secara otomatis

Tidak hanya itu, Afeela juga dilengkapi Simulator Advanced Driver Assist System (ADAS), yang menjalankan game engine milik Epic Games, yakni Unreal Engine 5. Perannya di sini ialah untuk menampilkan peta jalan dengan visual tiga Dimensi (3D).

Trik menghadirkan Afeela dengan DualSense tentu membuat orang-orang terkesan. Bagaimana tidak, ini seperti kebalikan dari teknologi milik PlayStation, yaitu PSVR2. Alih-alih menyajikan dunia virtual yang imersif, Sony justru memperlihatkan secara langsung bagaimana kecanggihan perangkat kerasnya (DualSense) di dunia nyata.

Baca juga  Laptop Yoga Terbaru dari Lenovo Menghadirkan Performa, Keserbagunaan, dan Mobilitas untuk Para Kreator Digital di Indonesia

Beberapa orang mungkin sedikit kecewa, karena kemampuan mengendalikan mobil dengan pengontrol PS5 hanyalah demo, bukan untuk dijual sungguhan. Tapi dari sini orang-orang bisa tahu, bahwa DualSense punya ragam fungsi yang dapat diintegrasikan selain untuk keperluan bermain game. (*)

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul, “Canggih Banget! Joystick PS5 Kini Bisa Setir Mobil Listrik” link artikel klik disini

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]