Search
Search
Close this search box.

Hasil Sidang Isbat: Awal Puasa Ramadan 1445 H Ditetapkan pada Selasa, 12 Maret 2024

PROKALTIM,JAKARTA – Minggu (10/03/2024) Kementerian Agama Republik Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat.

Hasil sidang Isbat sore ini menunjukkan bahwa puasa pertama Ramadan 1445 H dimulai. Sidang Isbat akan dilakukan dalam tiga tahap, menurut Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag RI.

Pertama, tim Hisab (perhitungan astronomi) akan mempresentasikan posisi hilal awal Ramadan 1445 H, yang dimulai pukul 17.00 WIB.

“Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam,” katanya dalam pernyataan resmi yang dirilis Minggu (10/3/2024) oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Setelah salat Maghrib, sidang isbat yang menetapkan awal Ramadan tahun 1445 H dilakukan secara tertutup. Menurut Adib, sidang isbat juga akan melihat hasil rukyatulhilal yang dilakukan tim Kemenag di 134 tempat di seluruh Indonesia, selain data hisab.

“Tahap ketiga, konferensi pers tentang hasil sidang isbat yang disiarkan juga melalui media sosial Kemenag”, katanya.

Baca juga  Kapan Hasil Sidang Isbat Lebaran 2024 Diumumkan? Berikut Jadwalnya

Menurut prediksi BRIN, pemerintah akan memulai puasa pada Selasa, 12 Maret 2024. Thomas Djamaluddin, peneliti ahli utama di pusat BRIN, menyampaikan presentasinya. Menurut Thomas, prediksi posisi hilal pada 29 Sya’ban 1445 H hampir tidak dapat dilihat di seluruh Indonesia pada 10 Maret 2024.

“Dari hasil rukyat pun, tanggal 10 Maret belum ada yang berhasil sehingga diperkirakan pada tanggal 10 Maret saat Magrib tidak ada hilal yang terlihat dan belum memenuhi visibilitas hilal,” katanya, seperti dikutip dari NU Online.

Posisi bulan di wilayah timur Indonesia secara umum masih negatif dan terlalu rendah, menurut hasil pemantauan. Oleh karena itu, tidak memunuhi kriteria yang diperlukan untuk melihat hilal.

Pada 10 Maret 2024, tinggi bulan di Indonesia hanya 1 derajat atau lebih, dengan elongasinya hanya 1,7 derajat. Setelah matahari terbenam pada 10 Maret 2024, hanya wilayah Amerika Serikat yang memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) pada tahun 2021, dengan ketinggian hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat. Kedua nilai tersebut jauh di bawah kriteria.

Baca juga  Rahmad Mas’ud Ajak Jamaah Jaga Toleransi dalam Salat Tarawih di Masjid Istiqomah

Mulai Puasa Muhammadiyah pada tanggal 11 Maret 2024

Saat ini, Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP) menetapkan bahwa puasa pertama Ramadan 1445 Hijriah akan dimulai pada Senin, 11 Maret 2024.

Pada 20 Januari 2024, Muhammad Sayuti, Sekretaris PP Muhammadiyah, menyampaikan penetapan tersebut. Muhammadiyah menetapkan bahwa Idulfitri 1 Syawal 1445 akan jatuh pada 10 April 2024, Puasa Arafah 9 Zulhijah akan jatuh pada 16 Juni, dan Iduladha 10 Zulhijah 1445 Hijriah akan jatuh pada 17 Juni 2024.

Sayuti berharap Maklumat PP Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah, mengatakan bahwa keputusan penetapan tersebut dibuat menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki.

Dia menyatakan bahwa wilayah Asia Tenggara belum terpenuhi untuk saat ini. Selain itu, Thomas memperkirakan bahwa pemerintah Indonesia akan memulai Ramadhan 2024 pada 12 Maret 2024. (eza)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]