Search
Search
Close this search box.

Vihara Budha Maitreya Balikpapan Gelar Prosesi Waisak

Ketua Walubi Balikpapan, Tjan Hariyanto Chandra
Ketua Walubi Balikpapan, Tjan Hariyanto Chandra

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 akan berlangsung besok Kamis (23/5/2024). Umat Buddha Kota Balikpapan akan menggelar perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 di beberapa vihara Kota Balikpapan, salah satunya Vihara Budha Maitreya Balikpapan di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah, Kaltim, menggelar prosesi Waisak lebih dulu pada Rabu (22/5/2024) malam.

Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Balikpapan, Tjan Hariyanto Chandra mengatakan, kami justru beribadah nanti malam, mengingat tiga peristiwa penting dalam perayaan Waisak disebut Tri Suci Waisak atau dikenal dengan Hari Raya Waisak, yakni lahirnya pangeran Siddharta, penerangan agung pangeran Siddharta menjadi Buddha dan wafatnya Buddha Gautama.

Baca juga  Digelar 6-7 Maret DP3 Laksanakan Gerakan Pangan Murah di Kantor Kelurahan Baru Ulu

“Untuk menyambut Hari Raya Waisak, dua Minggu lalu kita menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Balikpapan, gelaran ini rutin tiap tahun,” katanya, kepada awak media, pada Rabu (22/5/2024).

Selain itu, Tjan Hariyanto juga menyampaikan, dalam waktu dekat Permata Bumi yakni Ibu-ibu yang tergabung dalam Vihara akan menggelar baksos. “Baksos kita gelar, berupa membagikan sembako untuk panti jompo dan panti asuhan,” ujarnya.

Kemudian, ia juga menjelaskan, puncak perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 di Kota Balikpapan, dengan kegiatan Dharmasanti Waisak Balikpapan digelar pada Minggu (16/6/2024) mulai pukul 18.30 Wita di Hotel Platinum Balikpapan. “Panitia sudah menyiapkan matang untuk acara tersebut, selaku ketua panitia yakni William Chandra,” jelasnya.

Baca juga  Jelang Pilkada Kota Balikapapan, Rutin Malam Minggu Giat UKL Dalam Menjaga Kondusifitas Kota Bersama TNI-Unsur Pemerintah Daerah

Lanjutnya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan hingga Kaltim akan diundang dalam acara tersebut, yang dikemas dengan berbagai tampilan seni dan budaya.

“Dharmasanti Waisak ini kami gelar tiap tahunnya. Panitia sudah menyiapkan kegiatan dengan baik, ada kemasan seni dan budaya yang menarik,” ungkapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]