Search
Search
Close this search box.

Anggota DPRD, Wiranata Oey Kunjungi Rumah Warga yang Longsor di RT 22 dan RT 47 Sumber Rejo

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Anggota DPRD Kota Balikpapan, Fraksi PDI Perjuangan, Wiranata Oey meninjau salah satu warga yang rumahnya longsor di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, pada Selasa (25/6/2024) siang.

“Tadi kita kunjungan lapangan ke aspirasi warga yakni bencana rumah longsor, yang dihadiri Camat Balikpapan Tengah, Lurah Sumber Rejo, Kasi Trantib, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Ketua RT 47 Sumber Rejo.

Menurut Wiranata Oey, di RT 47 Sumber Rejo, ada dua titik longsor. Yang pertama ditinjau longsor rumah warga bernama Gumanti Simanguntong Rotua Tampubolon, di Jalan DI Panjaitan RT 47 2B, Kelurahan Sumber Rejo, karena dari ketinggian siring rumahnya yang tinggi 3 meteran, untuk segera ada penanganan cepat.

“Kalau itu mau dikerjakan, pondasi rumah tersebut, keluar di tanah orang (tetangga) di bawah (disebelah). Pada intinya apakah sudah selesai komunikasi dengan tetangga di bawah. Dan informasi bahwa tetangga di bawah belum mau dibangun pondasi,” ujarnya.

Wiranata Oey juga menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kelurahan, agar dapat membantu warga yang rumahnya longsor.

“Solusinya sudah saya sampaikan kepada pak Lurah Sumber Rejo Paing, Babinsa, Bhabinkamtibmas Sumber Rejo, Ketua RT 47 bersama warga yang rumahnya terkena bencana agar difasilitasi menghindari bahaya longsor susulan. Dan harus waspada kalau terjadi hujan deras,” ucapnya.

Untuk titik longsor ke dua masih di RT 47, itu selain antisipasi longsor juga terkait batas tanah warga, yakni antara rumah Arma dengan rumah Yulianti.

“Longsor antara rumah warga bernama Ibu Arma dengan Ibu Yulianti, juga terkait batas tanah tetangga sebelah. Karena apapun itu kalau persoalan warga belum selesai kita tidak bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.

“Tapi saya sudah sampaikan ke pak Lurah untuk difasilitasi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kasi Trantib Sumber Rejo bersama pak RT 47 untuk diskusikan agar warga yang bersengketa segera selesai dan menjadi sama-sama baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wiranata Oey bersama Lurah Paing kunjungan ke lingkungan RT 22 Kelurahan Sumber Rejo, dihadiri Ketua RT 22 Andi Sri Wahyuni dan Ketua LKM dan meminta segera diperbaiki supaya jalan tidak putus.

“Untuk longsor di RT 22 Sumber Rejo, karena ada fasilitas umum (fasum), yakni akses jalan. Tadi saya sudah sampaikan kepada pak Lurah dan Ibu RT 22 Andi Sri Wahyuni untuk membuatkan surat dari RT ke Kelurahan Sumber Rejo, juga lengkap dengan dokumentasinya,” ujarnya.

“Nanti Kelurahan sampaikan ke Kecamatan dan Kecamatan akan menyampaikan ke Pemerintahan, nanti akan disampaikan ke pembangunan untuk segera dieksekusi,” pungkasnya.

Sementara itu, warga korban longsor di RT 47, Gumanti Simanguntong Rotua Tampubolon mengatakan, tidak ada firasat rumahnya terjadi longsor. “Terjadi longsor Senin subuh, berharap agar dapat bantuan dari Pemerintah,” ucapnya.

Ketua RT 47 Sumber Rejo, Susihana mengimbau agar tetap waspada dan hati-hati, karena dikhawatirkan akan ada longsor susulan selama musim penghujan. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]