Search
Search
Close this search box.

BI Kolaborasi dengan Disdikbud, Gelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Edukasi CBP Rupiah

Upayakan Penguatan Literasi Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah di Kalangan Pelajar Bank Indonesia Balikpapan Gelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Edukasi CBP Rupiah.

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Upayakan Penguatan Literasi Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah di Kalangan Pelajar Bank Indonesia Balikpapan Gelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Edukasi CBP Rupiah.

Sebagai upaya memperkuat edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Bank Indonesia Balikpapan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan menggelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Edukasi CBP Rupiah, pada Senin (10/6/ 2024).

Acara dibuka Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Mahdi Abdillah, dan dihadiri Koordinator Pengawas PAUD dan TK Disdikbud Kota Balikpapan, Koordinator Pengawas SD Disdikbud Kota Balikpapan, Koordinator Pengawas SMP Disdikbud Kota Balikpapan, Narasumber, Penerbit Media Guru, serta Tim Penulis yang terdiri dari perwakilan guru PAUD, TK, SD, serta SMP, yang direkomendasikan Disdikbud Kota Balikpapan. Acara dilaksanakan selama 3 hari, 10-12 Juni 2024 di Hotel Four Point Balikpapan.

Sambutan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan, dalam rangka memperkuat literasi dan penetrasi edukasi CBP Rupiah khususnya kepada siswa-siswi SD dan SMP, perlu dilakukan harmonisasi dengan dunia pendidikan di Kota Balikpapan. Bank Indonesia Balikpapan bersama Disdikbud Kota Balikpapan selanjutnya berkolaborasi melakukan terobosan, yakni inisiasi kerjasama dalam hal penyusunan bahan ajar edukasi CBP Rupiah yang nantinya diimplementasikan pada Fase A (kelas 1 – 2 SD), Fase B (kelas 3 – 4 SD), Fase C (kelas 5 – 6 SD), serta Fase D (kelas 1 – 3 SMP).

Baca juga  Inilah Link Download Logo HUT Ke-76 Republik Indonesia

Selain itu, untuk meletakkan dasar dan pengenalan edukasi CBP Rupiah semenjak usia dini, Tim Teknis dan Penulis sepakat untuk memasukkan edukasi CBP Rupiah ke dalam Fase Pondasi (PAUD dan TK).

Bahan ajar yang disusun, nantinya akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang beririsan seperti IPS, Bahasa Indonesia, PKn, P5, dengan materi Kebanksentralan Dasar, Sistem Pembayaran, dan CBP Rupiah. Disamping itu, penyusunan bahan ajar akan tetap memperhatikan level kognitif anak didik, bergaya naratif, bahasa yang mudah dimengerti, relevan, spesifik, serta tidak memberatkan tenaga pengajar dalam proses penyampaiannya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irfan Taufik menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia Balikpapan dan seluruh Tim Penulis, dalam upayanya menyusun materi pembelajaran terkait edukasi CBP Rupiah bagi siswa-siswi PAUD, TK, SD, serta SMP di Kota Balikpapan. Beliau juga berpesan kepada seluruh Tim Penulis agar terus semangat dan produktif, karena penyusunan bahan ajar ini adalah ilmu yang bermanfaat dan berguna di masa mendatang.

Baca juga  Solidaritas IAI Samarinda, Wawali : Saling Menguatkan Membangun Samarinda Sehat

Ke depan, Bank Indonesia senantiasa terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh mitra kerja dan pemangku kebijakan di Kota Balikpapan, agar penyebarluasan dan pemahaman edukasi CBP Rupiah dapat tercapai dengan optimal, serta diterima seluruh lapisan masyarakat Kota Balikpapan. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]