Search
Search
Close this search box.

Jumat Berkah, Setelah Sholat Jumat Masjid Insan Mulia Sediakan Makan Siang Gratis

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Masjid Insan Mulia mempunyai cara untuk berbagi di hari Jumat. Apalagi hari Jumat merupakan hari raya bagi umat muslim. Bersedekah di hari Jumat akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT.

Masjid Insan Mulia adalah masjid transit yang banyak disinggahi oleh para musafir. Masjid tersebut sudah berusia 7 tahunan lebih, yang terletak di Jalan Ruhui Rahayu (Ring Road) Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan menyediakan menu makan siang bagi siapa saja setelah sholat Jumat. Seperti hari ini, Jumat (21/6/2024) usai melaksanakan sholat Jumat, jamaah masjid langsung dijamu makan siang gratis yang sudah disediakan pengurus masjid.

Ketua Masjid Insan Mulia, Muhammad Taufiq mengatakan, program Masjid Insan Mulia tersebut bekerjasama dengan lembaga sosial yakni Saku Sahabat yang bertempat di Masjid sini juga.

“Jadi sekalipun pemasukan kotak infaq Masjid ini hanya 400 ribu hingga 700 ribu, tapi alhamdulillah tetap melaksanakan rutin lima waktu dan dari sisi sosialnya kita bisa memberikan makan siang gratis tiap hari Jumat, sebanyak sampai dengan 200 porsi lebih,” kata Muhammad Taufiq, kepada awak media, pada Jumat (21/6/2024).

Ia juga menyampaikan, selain Jumat berkah dengan makan siang gratis tiap hari Jumat. Juga pernah melakukan makan siang gratis tiap hari, tapi disesuaikan dengan kemampuan. “Akhirnya kita ganti, yang dulunya makan siang gratis tiap hari dan kita ganti minum es gratis berupa es cendol atau es jeruk atau minuman lainnya setiap hari kecuali hari Minggu libur,” ucapnya.

Menurut Muhammad Taufiq, masjid Insan Mulia, bisa dikatakan masjid transit. Kalau libur orang bekerja maupun libur sekolah, masjid tersebut sepi. “Masjid ini bukan masjid wilayah perumahan, juga bukan masjid wilayah kampung pemukiman, melainkan masjid transit orang lewat. Artinya daerah sekitar masjid ini banyak karyawan kantor yang bekerja dan salat di masjid ini,” ujarnya.
Kemudian, alhamdulillah Masjid ini bekerjasama hingga di support oleh lembaga sosial Saku Sahabat yang berkantor di Masjid Insan Mulia. “Banyak program sosial, diantaranya kalau tiba bulan Ramadhan ada donatur dari luar negeri itu ada ratusan hingga ribuan sembako disebar kepada kaum dhuafa hingga masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Kami juga dapat pengalaman yang banyak dari Masjid Berkah Box di Kilometer 11 Kecamatan Balikpapan Utara. “Masjid itu jauh di kampung bahkan dekat hutan kebun karet, jamaahnya banyak datang dari mana-mana hingga salat jamaah di masjid Berkah Box. Tidak ketinggalan setiap hari makan gratis dari pagi sampai dengan malam disajikan dengan cara prasmanan dan banyaknya jamaah yang datang, karena kekuatan dari publikasi media sosial,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, selain program makan siang gratis tiap hari Jumat. Kami juga punya program Dhuafa gajian tiap sebulan sekali dibagikan. “Dalam sebulan sekali kita bantu dhuafa, yakni berupa pembagian sembako hingga mereka merasakan kebahagiaan dari kaum muslimin lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Muhammad Taufiq juga mengatakan, masjid ini juga mensupport santri tahfidz, sekalipun mereka prabayar, tapi manfaat dari Masjid Insan Mulia. “Sebanyak 36 lebih santri tahfidz putra dan putri yang di support,” katanya.

Dan rencananya pembangunan masjid tersebut akan dibangun tiga tingkat. “Untuk menambah pelayanan Masjid lebih maksimal lagi, Insya Allah akan segera di bangun kamar tamu untuk para musafir yang membutuhkan tempat beristirahat,” ujarnya.

Kami mohon doa dan dukungan Donatur semua untuk kebutuhan dana yaitu sebesar 15 Juta rupiah. Donasi dapat di transfer di Masjid Insan Mulia, melalui rekening BSI 713 695 1712. Informasi dan konfirmasi DKM Insan Mulia: 08115444 078. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]