Search
Search
Close this search box.

Ketua dan Wakil Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri

PROKALTIM,JAKARTA – Bambang Susantono mengundurkan diri dari jabatan Kepala Otorita IKN. Kabar ini disampaikan pihak Istana melalui Mensesneg Pratikno.

Pratikno mengumumkan pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain Bambang, Dhony Rahajoe juga mundur dari jabatan wakil kepala otoritas IKN.

“Beberapa waktu lalu bapak presiden menerima pengunduran diri dari Bapak Dhony Rahajoe dan beberapa waktu berikutnya bapak Pressiden menerima pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono sebagai kepala OIKN,” kata Pratikno di istana, Senin 3 Juni 2024.

Pratikono mengatakan hari ini (senin 3 Juni 2024,red) telah diterbitkan keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Dalam Keppres pemberhentian tersebut juga disertai ucapan terima kasih presiden atas pengabdian keduanya.

“Dengan ucapan terima kasih, atas pengabdian beliau,” katanya.

Biografi Bambang Susantono

Prof. Ir. Bambang Susantono, M.C.P., M.S.C.E., Ph.D. Lahir 4 November 1963.

Ia dilantik menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara pada 10 Maret 2022.

Bambang Susantono dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Baca juga  Tik Toker Bule Sebar Hoax dan Deputi OIKN Pastikan Video Bule Tersebut Tidak Benar dan Bukan di Kawasan IKN

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2007-2010.

Setelah lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB pada tahun 1987, Bambang bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Bambang melanjutkan program pascasarjana di Universitas California, Berkeley untuk gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada tahun 1996.

Pada tahun 1998, Bambang meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di universitas yang sama.

Pendidikan doktoralnya dia selesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.
Karier

Di tingkat internasional, ia pernah menjabat sebagai Vice President Eastern Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan hingga kini menjadi anggota Board of Trustees untuk The SouthsouthNorth (SSN) Foundation di Cape Town, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Sejak tahun 2012, ia menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia, Tbk.

Baca juga  Kesan dan Harapan Para Gubernur pada IKN

Ia juga mengajar dan membimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia, melakukan penelitian di bidang transportasi, khususnya yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan sosial perkotaan.

Bersama sepuluh guru besar dari universitas ternama di Asia Timur, ia melakukan penelitian mengenai fenomena transportasi di kota-kota megapolitan di Asia Timur.
Ia juga dipercaya menjadi Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia).

Gagasan dan ide-idenya mengenai infrastruktur dan transportasi dimuat di berbagai media cetak dan elektronik baik berupa tulisan atau penampilannya sebagai pembicara di forum nasional dan internasional.

Ia juga telah menulis beberapa buku seputar infrastruktur dan transportasi, salah satunya adalah “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah” yang menjadi panduan dalam melakukan terobosan dalam rangka pembangunan nasional.

Buku lain yang pernah ditulis antara lain berjudul “1001 Wajah Transportasi Kita”, “Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah”, dan “Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis‘. (net)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]