Search
Search
Close this search box.

Peserta YCC Kunjungi Pasar Tumpah Pringgondani, Kenalkan Wisata Alam sekaligus Kuliner di Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Peserta Youth City Changers (YCC) Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan mengunjungi Pasar Tumpah Pringgodani di Teritip, pada Minggu (2/6/2024). Pemerintah Kota Balikpapan, melalui kunjungan ini ingin memperkenalkan salah satu pariwisata tradisional Kota Beriman.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, para peserta diajak untuk melihat-lihat wisata alam kota Balikpapan. Mereka juga diberi kesempatan untuk menandai pohon-pohon di Wisata Pringgondani dengan nama kota mereka. “Ini adalah bentuk dukungan pemuda yang hadir di Balikpapan dalam forum YCC,” ungkapnya.

Ia menyampaikan pada para peserta terkait konsep Forest City yang perlu dikembangkan sebaik-baiknya, terutama kota Balikpapan yang kini telah menjadi kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). “Kami senang jika anak-anak muda ini tak hanya peduli kepada pariwisata maupun ekonomi, namun juga pada lingkungan,” tuturnya.

Baca juga  210 Dosis Vaksin Tersalurkan Dalam 4 Jam Oleh BINDA Kaltim

Ia melanjutkan, di Pasar Tumpah Pringgondani terdapat 200 UMKM yang menjadi pelaku ekonomi kreatif, sejalan dengan anak-anak muda tersebut yang merupakan pelaku wirausaha. “Maka anak-anak ini diharapkan nantinya bisa mem-branding usaha mereka seperti yang telah dilakukan di Wisata Pringgondani ini,” harapnya.

Ketua Pokdarwis Pringgondani, Surata menambahkan, di tengah guyuran hujan, kunjungan peserta ini tidak menyurutkan niat para peserta untuk menjelajahi kawasan Pringgondani tersebut. Mereka berbincang-bincang dan mengikuti kegiatan di pendopo sebelum mulai berkeliling di area pasar.

“Jadi ada pasar Blok 1 dan Blok 2. Di Blok 1 ada kuliner dan di Blok 2 ada buah-buahan. Dan mereka akan memasang nama kotanya masing-masing di pohon ulin. Jadi tulisan tersebut dikalungkan ke pohon,” ungkapnya.

Baca juga  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Terpilih Jadi Ketum PB ISSI

Melalui wisata Pasar Tumpah Pringgondani diharapkan masyarakat Balikpapan hingga Kalimantan bisa mengenal berbagai macam kuliner Nusantara dan hasil kebun.

“Tempat wisata yang sekaligus merupakan wisata alam ini bisa menjadi tempat penelitian agronomi di Balikpapan. Selain itu masyarakat yang datang juga bisa lebih memahami dan mengenai lingkungan,” pungkasnya. (diskominfo/to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]