NEWS

Search
Search
Close this search box.

Polres Kukar Lakukan Pengamanan Pergeseran Kotak Suara untuk Perhitungan Surat Suara Ulang

PROKALTIM,KUKAR – Polres Kukar melakukan pengamanan pergeseran kotak suara, dari TPS ke Gedung RPP KPU Kutai Kartanegara (Kukar), pada Kamis (20/6/2024).

Ini menjadi tahapan proses penghitungan suara ulang, di sejumlah kecamatan di Kukar. Menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait PHPU DPR RI Dapil Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan tersebut dimulai dari Gudang KPU yang berada di Gedung Beladiri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang dan Gudang KPU di Futsal R2. Pergeseran kotak suara ini diawasi oleh sejumlah petugas kepolisian dan dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, dan komisioner KPU Wiwin dan Hardianda.

Perwira Koordinator IPTU Eko Santoso menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memastikan proses pemilu berjalan dengan transparan dan adil. Personil pengamanan yang terlibat antara lain IPTU Dewa Gede Ertana, Briptu Yusvida, Bripda Kevin, dan Bripda Rifaldi dari Polres Kukar.

Dalam kegiatan ini, kotak suara dari 43 TPS di 12 kecamatan di Kabupaten Kukar dipindahkan. Yakni 10 TPS di Kecamatan Tenggarong, 5 TPS Kecamatan Muara Badak, 5 TPS di Kecamatan Tenggarong Seberang, 7 TPS di Kecamatan Anggana, 3 TPS di Kecamatan Muara Kaman dan 1 TPS di Kecamatan Samboja.

Selanjutnya 4 TPS di Kecamatan Samboja Barat, 1 TPS di Kecamatan Loa Kulu, 2 TPS di Kecamatan Loa Janan, 1 TPS di Kecamatan Kenohan, 1 TPS di Kecamatan Muara Muntai dan 3 TPS di Kecamatan Kembang Janggut.

Selama proses pergeseran, ditemukan 4 kotak suara yang tidak memiliki segel ties, yaitu dari TPS 79 Loa Ipuh, TPS 4 Jantur Selatan, TPS 1 Long Beleh Modang, dan TPS 5 Perdana. Pihak KPU sedang menyusun kronologis terkait kotak suara tanpa segel tersebut.

Kotak suara kini berada di Gedung RPP KPU Kabupaten Kukar, dengan pengawasan ketat termasuk pemasangan 3 titik CCTV sebagai alat bantu pengamanan. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]