NEWS

Search
Search
Close this search box.

Terkait Arus Lalu Lintas di Kota Balikpapan, DPRD Minta Pemkot Balikpapan Segera Carikan Solusi Atasi Kemacetan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim dan Kota Balikpapan sebagai penyangga atau beranda IKN. Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Karamuddin Ibrahim meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) untuk segera mengatasi atau mencari solusi jangka pendek terkait di Balikpapan kemacetan arus lalu lintas di kota tersebut.

Untuk itu, diperlukan langkah cepat Pemkot Balikpapan dalam mengambil keputusan, guna mengantisipasi kemacetan yang lebih parah kedepannya.

“Sepertinya Pemkot belum ada solusi jangka pendek, misalnya melakukan pelebaran jalan di simpang Muara Rapak dan simpang MT Haryono, arah menuju ke Balikpapan Super Blok (BSB),” ujarnya, pada Jumat (21/6/2024).

Kamaruddin Ibrahim juga mengatakan, Balikpapan menjadi penyangga atau beranda IKN dan tentu saja jumlah penduduknya akan terus bertambah. Artinya, untuk pelebaran seharusnya sudah dilakukan mulai sekarang.

Disamping itu, ia juga jelaskan. Dinas Perhubungan (Dishub) seharusnya sudah membuat rekayasa lalu lintas di simpang Muara Rapak.

Seperti bekerjasama dengan pihak PT Pertamina untuk membuka akses jalan Panorama dan disamping Masjid Al-Munawar.

Sehingga kendaraan Roda Dua (R2) maupun Roda Empat (R4) dari arah Gunung Sari hendak menuju arah Karang Anyar dan Kampung Baru bisa melewati Jalan Panorama atau samping masjid Al-Munawar.
Dan kendaraan yang dari arah Karang Anyar hendak ke Muara Rapak, tidak ada lagi melintas ke jalan tembus ke samping masjid Al Munawar.

“Jadi dari Karang Anyar ke Rapak hanya satu arah saja,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, tak kalah penting, untuk Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM). Tentu penyedian SAUM di Balikpapan agar segera diadakan, sehingga bisa menjadi solusi mengatasi penggunaan kendaraan pribadi.

“Saya rasa, kalau SAUM disediakan bisa menjadi solusi, asalkan dapat dikelola dengan baik. Akan Tapi untuk yang saat ini dibutuhkan di Balikpapan yakni pembukaan jalur alternatif dan melakukan pelebaran jalan-jalan yang sudah ada,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]