Search
Search
Close this search box.

Inflasi Kota Balikpapan Terjadi Penurunan di Bulan Juni

Inflasi Balikpapan Juni 2024 turun menjadi 0,07% (mtm) karena normalisasi harga pangan dan transportasi. PPU mengalami deflasi -0,20% (mtm) akibat penurunan harga komoditas.

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Perkembangan harga konsumen di Kota Balikpapan mengalami penurunan. Hal ini terindikasi dari rilis inflasi BPS bahwa IHK Kota Balikpapan secara bulanan pada bulan Juni 2024 menurun dari 0,21% (mtm) menjadi 0,07% (mtm).

Adapun secara year to date di bulan Juni 2024, inflasi di Kota Balikpapan sebesar 1,50 (ytd). Secara tahunan, inflasi Balikpapan juga masih terjaga di level yang aman yaitu 3,00% (yoy) dan berada pada rentang inflasi 2,5+1%. Angka tahunan tersebut sedikit diatas inflasi gabungan 4 Kota di Provinsi Kalimantan Timur yang sebesar 2,99% (yoy).

Capaian inflasi bulan Juni yang terkendali di Kota Balikpapan didorong oleh normalisasi harga pangan dan biaya transportasi pasca-lebaran. Berdasarkan rilis BPS tersebut, beberapa komoditas pangan yang mengalami inflasi tertinggi yaitu Sigaret Kretek Mesin (SKM), kangkung, angkutan udara, cabai rawit, cabai merah dan emas perhiasan.

Kenaikan harga pada SKM disebabkan oleh adanya kenaikan tarif cukai rokok. Inflasi pada komoditas pangan tersebut sejalan dengan meningkatnya permintaan yang meningkat dikarenakan adanya peningkatan konsumsi masyarakat untuk berbagai kegiatan di Kota Balikpapan ditengah pasokan yang terbatas.

Selain komoditas pangan, kenaikan tarif angkutan udara juga berkontribusi dalam mendorong inflasi dari kelompok transportasi. Hal tersebut didorong oleh peningkatan tarif angkutan udara pada periode liburan Hari Raya Idul Adha terutama terjadi pada maskapai low-cost carrier. Emas perhiasan juga mengalami kenaikan karena pengaruh kenaikan harga emas global.

Baca juga  Sambut Tahun Baru Imlek, Mall Living Plaza Balikpapan Gelar Barongsai Show

Di sisi lain, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengalami deflasi secara bulanan dibanding bulan sebelumnya. IHK Kabupaten PPU pada bulan Juni 2024 tercatat sebesar -0,20% (mtm), lebih rendah dibandingkan bulan Mei 2024 yang mengalami inflasi sebesar 0,49% (mtm). Secara year to date di bulan Juni 2024, inflasi di Kabupaten Penajam Paser Utara sebesar 1,83 (ytd).

Merujuk rilis BPS, penyumbang terbesar deflasi di kab. PPU terutama bersumber dari Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dengan andil sebesar -0,63% (mtm). Berdasarkan komoditas, penyumbang deflasi tertingginya yaitu tomat, daging ayam ras, buncis, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, sawi hijau. Penurunan harga daging ayam ras terjadi karena permintaan yang berkurang semasa HBKN Idul Adha di bulan Juni 2024. Tomat dan ikan tongkol/ikan ambu-ambu mengalami penurunan sejalan dengan peningkatan jumlah pasokan.

Sementara itu, deflasi buncis dan sawi hijau disebabkan oleh peningkatan produksi serta pasokan yang melimpah karena masuknya musim panen. Adapun inflasi tahunan di Kab. PPU tercatat sebesar 2,36% (yoy), lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi gabungan 4 Kota di Provinsi Kalimantan Timur yang sebesar 2,99% (yoy)

Ke depan, inflasi pada periode Juli perlu diwaspadai seiring dengan adanya intensitas curah hujan yang meningkat dan berpengaruh terhadap pergerakan pasokan beberapa komoditas hortikultura seperti cabai rawit, cabai merah, sayuran, serta komoditas perikanan.

Baca juga  Kuota Pertalite 2024 Turun Menjadi 31,7 Juta KL

Secara keseluruhan tahun 2024, Bank Indonesia meyakini inflasi IHK 2024 di Kota Balikpapan dan Kabupaten PPU tetap terjaga dalam rentang target kendali. Terkait inflasi Kelompok Makanan saat ini memang masih di atas level sasaran yang diharapkan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor musiman periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan curah hujan yang meningkat.

Namun demikian, tekanannya diprediksikan akan berangsur menurun seiring peningkatan produksi akibat masuknya musim panen di wilayah penghasil dan dukungan sinergi pengendalian inflasi TPID dan GNPIP di wilayah kerja Bank Indonesia Balikpapan.

Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan terus bersinergi antara lain melalui: i) pelaksanaan high level meeting TPID Kota Balikpapan yang menghasilkan kesepakan untuk tindak lanjut, ii) mendorong pembentukan toko penyeimbang sebagaimana himbauan Pemerintah Provinsi, iii) pelaksanaan gelar pangan murah dan operasi pasar secara intensif, iv) Gerakan Tanam Cabai oleh Tim Penggerak PKK Kota Balikapapan dan masyarakat.

Ke depannya, Bank Indonesia akan senantiasa bersinergi dengan berbagai pihak melalui program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2024 untuk menjaga tingkat inflasi pada rentang target inflasi nasional tahun 2024 yaitu sebesar 2,5% ± 1%. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]