Search
Search
Close this search box.

Kloter Terakhir Jamaah Haji Balikpapan Pulang dengan Selamat

PROKALTIM,BALIKPAPANKepala Kantor Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan, Masrivani menyampaikan, kelompok terbang (kloter) 18 jamaah haji asal Kaltim sudah kembali ke Tanah Air dengan selamat.

“Ya, untuk jamaah haji asal Balikpapan adalah kloter terakhir yang ikut rombongan kloter 18, secara embarkasi masih ada 1 kloter lagi. Untuk jemaah haji Balikpapan berjumlah 63 jemaah, alhamdulillah dalam keadaan sehat dan tidak ada yang wafat,” ucapnya.

Lanjutnya, dari 553 jamaah haji asal Balikpapan, ada satu jemaah yang wafat, jemaah tersebut berada di dalam jemaah haji kloter 15, dan jemaah haji yang meninggal tersebut merupakan jemaah haji lansia.

“Yang wafat bernama M Sunan akibat kelelahan setelah proses wukuf di Arafah setelah sempat di rawat di rumah sakit Mina Arab Saudi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, sebelum jamaah haji diberangkatkan terlebih dahulu proses pemeriksaan kesehatan oleh tim medis.

“Ada perbedaan jemaah haji sekarang dangan tahun lalu, kalau tahun lalu harus lunas dulu pembayaran hajinya, baru tes kesehatan. Artinya jemaah yang berangkat ini secara umur memang ada lansia tapi secara fisik masih mampu. Dan kalau tahu ini diperiksa dulu kesehatannya baru melakukan pelunasan pembayaran,” katanya.

“Secara fisik dan mental dia mampu, walaupun lansia, tapi mampu untuk beribadah. Sehingga ketika kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan sehat,” pungkasnya.

Masrivani menambahkan, jatah tunggu untuk naik haji antri selama 34 tahun. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]