Search
Search
Close this search box.

Petugas Pantarlih Coklit Ketua DPRD Sekeluarga, di Rumah Dinas Ketua DPRD Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Tim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) didampingi Bawaslu dan Komisioner KPU melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) di rumah dinas Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, pada Kamis (11/7/2024) siang.

Abdulloh bersama istri terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap di TPS 35 di wilayah Perumahan Jaya Makmur Raya RT 42 Kelurahan Batu Ampar.

Pelaksanaan coklit ini disaksikan Ketua KPU Balikpapan, Yudho Prakoso Lelono dan Ketua Bawaslu Balikpapan, Wa Santi beserta rombongan di Rumah Dinas Ketua DPRD Balikpapan.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh dalam kesempatan tersebut mengajak warga Kota Balikpapan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

“Mari kita gunakan hak pilih sebagai warga Negara Indonesia, khususnya warga Balikpapan,” ujarnya.

Abdulloh meminta, kepada Pantarlih untuk bisa memastikan warga Kota Balikpapan yang berdomisili di Kota Balikpapan, terdaftar sebagai pemilih dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak mendatang

“Untuk teknisnya saya kurang tahu, itu bagaimana caranya KPU dan Bawaslu bisa mengakomodir semua warga. Intinya bisa diperjuangkan lah warga untuk mendapatkan hak pilihnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Praakoso Yudho Lelono mengatakan, KPU Balikpapan saat ini sedang melakukan coklit di rumah dinas ketua DPRD Balikpapan Abdullah beserta keluarganya yang termasuk di dalam TPS 35 RT 42 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara.

” Alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang harus dilakukan sesuai regulasi yang ditetapkan. Selanjutnya dilakukan penempelan stiker bukti bahwasanya DP di rumah beliau sudah tercoklit, ” ucapnya.

Ia juga mengatakan, Coklit data pemilih di Balikpapan untuk Pilkada 2024 sudah mencapai 78. “Hari ini sudah memasuki pekan ketiga proses coklit, dimana kami coklit ini berlangsung mulai 24 Juni lalu dan berakhir 24 Juli mendatang,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk Data Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) Kota yang dicoklit adalah 522.364 dengan rincian 262.536 laki-laki, dan 259.828 perempuan.

Artinya, dengan capaian 78 persen itu, hingga pekan ketiga terdapat 407.443 warga yang sudah dicoklit dan menyisakan 144.921 warga yang belum tercoklit.

Dengan jumlah itu, Prakoso optimis proses coklit yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data KPU sejak 24 Juni lalu bisa segera rampung.

“Kami targetkan rampung 100 persen pada pekan ketiga, sehingga di pekan keempat bisa dibuat laporan oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan disampaikan ke kami,” tuturnya.

Di hari ini, petugas melakukan coklit di Rumah Dinas Jabatan Ketua DPRD Balikpapan. Petugas tersebut mencoklit Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan keluarganya.

Dari hasil pencoklitan tersebut, Prakoso mengatakan bahwa Abdulloh masuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Tengah.

“Alhamdulillah proses berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang ada, berikutnya tinggal pemasangan stiker bahwa beliau sudah dicoklit,” jelasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]