Search
Search
Close this search box.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Sekarang Berfungsi

PROKALTIM,JAKARTA – Jumlah layanan yang telah dipulihkan di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah meningkat menjadi 86 layanan, yang dimiliki oleh 16 tenant.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, pemulihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kementerian Kominfo, BSSN, PT Telkom Tbk, dan partisipasi aktif semua tenant.

Hadi menyatakan bahwa 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah go live pada 12 Juli pukul 17.30 WIB.

Hadi menyatakan bahwa beberapa layanan publik yang berhasil dipulihkan termasuk layanan perizinan dan portal informasi.

“termasuk layanan beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” ujarnya.

Hadi menambahkan bahwa tim saat ini terus bekerja untuk pemulihan layanan publik dengan secepat mungkin dengan memperhatikan aspek kehati-hatian.

Menurut teknik penanganan data, proses pemulihan layanan dibagi menjadi tiga zona tahapan.

“Kami membagi dalam tiga zona. Data yang terdampak insiden pada PDNS 2 berada di zona merah, dan ditetapkan dalam proses “karantina”. Selanjutnya akan kita pindahkan ke zona biru untuk dilakukan penguatan keamanan dan pemindaian kerentanan, sebelum nantinya bisa go-live atau data layanan publik diunggah ke pusat data lain ke zona hijau yang siap digunakan kembali,” jelasnya.

Hadi melanjutkan, bahwa setiap fase pemulihan dilakukan dengan teliti dan cermat. Langkah-langkah ini diambil untuk mengurangi potensi serangan siber yang dapat merusak pelayanan publik.

“Pemerintah melakukan pembersihan data dari malware atau pun virus yang mencurigakan dari data yang sudah berhasil diselamatkan, sekaligus memperkuat parameter keamanan infrastrukturnya,” tandasnya. (za)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]