Search
Search
Close this search box.

Survei Perbankan Triwulan Ii 2024: Terindikasi Penyaluran Kredit Baru Meningkat

PROKALTIM,JAKARTA – Hasil Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan peningkatan penyaluran kredit baru pada triwulan II 2024. Nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) untuk penyaluran kredit baru sebesar 89,1% meningkat dari 60,8% pada triwulan sebelumnya.
Kecuali kredit konsumsi, hampir semua jenis kredit mengalami peningkatan penyaluran kredit baru. Pada triwulan III 2024, diproyeksikan peningkatan lanjutan dengan SBT sebesar 93,6%.

Standar penyaluran kredit untuk triwulan III 2024 diproyeksikan sedikit lebih ketat dibandingkan periode sebelumnya. Ini ditunjukkan oleh Indeks Lending Standard (ILS) positif sebesar 2,6 persen. Sebagian besar kebijakan penyaluran kredit, terutama biaya persetujuan kredit, diproyeksikan lebih ketat, sementara suku bunga kredit diproyeksikan lebih longgar.

Hasil survei menunjukkan bahwa responden tetap optimis tentang perkiraan pertumbuhan kredit sampai dengan akhir tahun 2024, dengan perkiraan outstanding kredit yang terus meningkat sebagai akibat dari prospek kondisi moneter dan ekonomi serta risiko penyaluran kredit yang relatif kecil.

Semua hasil survei dapat diakses di menu Survei Perbankan di situs web Bank Indonesia.

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]