Search
Search
Close this search box.

Ini Pesan Wali Kota Balikpapan Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di BSCC Dome Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79 di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome Balikpapan, pada Sabtu (17/8/2024).

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan dibunyikannya sirine secara serentak pada pukul 10.00 Wita. Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Turut hadir, anggota DPRD, unsur Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan para ketua RT se-Balikpapan.

Teks Proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Budiono. Dan dalam peringatan hari kemerdekaan RI tahun 2024 ini mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud mengatakan, diperingatan hari kemerdekaan RI ke 79, mari tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN). Tentunya perlu kebersamaan dan sinergi semua pihak untuk menyukseskan pembangunannya.

“Jangan lupa anak-anak muda harus semangat, jiwa semangat berjuang pantang menyerah dan pantang mundur,” kata H Rahmad, kepada awak media.

Ditanya dari momen hari kemerdekaan RI tahun 2024, Wali Kota Balikpapan bersama istri Hj Nurlena, yang juga Ketua TP PKK Balikpapan. Sedang Hj Nurlena mengenakan baju adat Paser Balik yang sudah dimodifikasi.

“Karena kan beliau keturunan suku Paser, ya bawalah budayanya. Budaya suku balik yang ada di Kota Balikpapan, kita harus tonjolkan karena jangan sampai nilai-nilai luhur dan budaya dengan adanya era globalisasi masuknya budaya-budaya yang masuk di Kalimantan Timur, khususnya di Kota Balikpapan jangan sampai suku Paser itu terabaikan dan ketinggalan,” ujar H Rahmad.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan kegiatan menyaksikan nonton detik-detik proklamasi secara online dari Istana Garuda di Gedung VIP BSCC Dome Balikpapan.

Terlihat antusias warga masyarakat dengan persembahan pertunjukan seni budaya yakni tari-tarian dengan pakaian adat istiadat berbagai suku di Indonesia, berlangsung di halaman parkir BSCC Dome Balikpapan. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]