Search
Search
Close this search box.

Ketua KPU Balikpapan Jadi Narasumber Sosialisasi Tahapan Pilkada, Kegiatan FGD Polresta Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan hadiri acara Focus Group Discussion (FGD) National Cooling System Operasi Mantap Praja Manuntung tahun 2024, yang bertemakan Pilkada Damai Kaltim Sejahtera yang digelar Polresta Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan, selain diisi oleh Polresta Balikpapan, juga KPU Kota Balikpapan dalam rangka mengsosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024, mendatang.

Ia berharap, pada kegiatan FGD agar seluruh elemen masyarakat yang hadir yakni, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta tokoh pemuda, untuk dapat mensosialisasikan Pilkada beserta tahapan kepada kelompok-kelompoknya.

“Agar sosialisasi Pilkada tersebut dapat masif diketahui oleh masyarakat Kota Balikpapan. Ujungnya adalah, berharap kehadiran mereka lebih banyak pada saat Pilkada pada 27 November nanti,” kata Ketua KPU Balikpapan, kepada awak media, yang digelar di Hotel Gran Senyiur Jalan ARS Muhammad Balikpapan, pada Rabu (7/8/2024).

Prakoso Yudho menjelaskan, jadi yang dirinya sampaikan bahwa betapa pentingnya sosialisasi Pilkada ini karena pada indikator keberhasilan Pilkada ada empat, yakni tahapan berjalan dengan lancar serta aman, meningkatnya partisipasi pemilih, regulasi atau hukum yang minim pelanggaran, dan keamanan serta ketertiban pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Nah, pada empat indikator ini semua merupakan tanggung jawab kita semua. Tetapi dampak dari sosialisasi ini adalah meningkatnya jumlah partisipasi pemilih,” ujarnya.

Prakoso Yudho menyebutkan, adapun 8 komponen pada jumlah partisipasi pemilih. Tetapi pada komponen-komponen tersebut yang memberikan kontribusi pemilih adalah kesadaran politik masyarakat.

“Kesadaran politik masyarakat ini penting karena tanggungjawab kita semuanya, karena harus kita gaungkan, karena akan menentukan arah dan masa depan Kota Balikpapan serta Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di 5 tahun kedepan, dan kalaupun lebih panjang dari bagaimana cara untuk mewujudkan Indonesia Emas di 2045 nanti,” kata Prakoso Yudho.

“Ayo ambil bagian seluruh elemen juga masyarakat Kota Balikpapan pada 27 November 2024 mendatang, tentukan sikap melalui suara anda, untuk tingkat dan kemajuan Kota Balikpapan dan Provinsi Kaltim dalam Pilkada 2024 mendatang,” ujar Prakoso Yudho.

Ditanya target KPU Balikpapan tahun 2024, menurut Prakoso Yudho, kalau KPU Balikpapan telah memberi target rasionalnya adalah untuk pemilih di Kota Balikpapan lebih dari 60 persen itu sudah cukup bagus.

“Jadi memang dari tahun ke tahun Pilkada itu tidak pernah lebih dari 60 persen. 56 persen pada Pilkada 2015, lalu 59 sekian-sekian persen itu 2020, ya harapannya sih lebih dari 60 persen dan syukur-syukur bisa mencapai 70 persen,” ucap Prakoso Yudho. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]