Search
Search
Close this search box.

KPU Balikpapan Melalui PPK Balbar Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP Hasil Coklit

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2024 yang dilaksanakan di enam Kecamatan se Kota Balikpapan.

Salah satunya yang dilaksanakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wilayah Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) yang digelar di Aula Kecamatan Balikpapan Barat, Jalan Letjend Soeprapto, pada Rabu (7/8/2024).

Rapat pleno tersebut dihadiri Komisioner KPU Kota Balikpapan Divisi Hukum Muhammad Rizal, Camat Barat Erwin Dahri, Ketua PPK Barat Muhammad Muchlis, Danramil Barat dan Kapolsek Barat.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan, jadi hari ini di Kecamatan Balikpapan Barat dilaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), yang sebelumnya beberapa Kecamatan sudah melaksanakan.

“Yang mana itu adalah hasil dari Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) atau PPDP yang dimulai 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024 yang lalu,” kata Prakoso Yudho, kepada awak media, pada Rabu (7/8/2024).

Ia juga menyampaikan, jadi hari ini menjadi DPHP dari 6 Kelurahan yang ada di Kecamatan Balikpapan Barat, alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa ada tanggapan dan sanggahan.

“Yang berarti nanti Insya Allah hasil ini akan kita bawa pada rapat rekapitulasi pleno terbuka tingkat kota yang kita laksanakan pada tanggal 11 Agustus 2024,” ucap Prakoso Yudho.

“Terkait warga yang belum coklit, nanti kita umumkan dan terus mereka akan disuruh melapor. Memang soal data ini dinamis ya,” ujar Prakoso Yudho.

Prakoso Yudho mengatakan, untuk diketahui bersama, data ini juga dapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), apalagi setelah ditetapkan lokasi khusus di Balikpapan, seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) dan jumlahnya pasti bergeser.

“Namun, demikian kita pastikan upaya maksimal dari KPU Kota Balikpapan beserta badan adhoc yang ditingkat Kecamatan dan Kelurahan untuk memberikan data pemilih yang akurat dan valid agar dapat menggunakan hak suara mereka pada 27 November 2024 mendatang,” kata Prakoso Yudho.

Ia juga menambahkan, terkait perubahan data nanti akan ditampung, karena belum ditentukan sebagai daftar pemilih tetap (DPT). “InsyaAllah Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP rampung pada 7 Agustus 2024 terakhir hari ini, di Balikpapan Timur dan di wilayah Balikpapan Selatan,” ucap Prakoso Yudho. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]