Search
Search
Close this search box.

KPU Gelar Sosialisasi Visi Misi dan Program untuk Bapaslon Pilkada Balikpapan 2024

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Sosialisasi terkait penyusunan visi, misi dan program bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024 sesuai rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) Kota Balikpapan, yang digelar di Hotel Blue Sky Balikpapan, pada Rabu (14/8/2024).

Acara tersebut dihadiri seluruh Partai Politik (Parpol), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, stakeholder dan instansi terkait lainnya.

Sosialisasi tersebut disampaikan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Balikpapan, Farida Asmaunna dengan dua narasumber, yaitu Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Murni dan Akademisi Universitas Balikpapan, Imam Ari Wibowo.

Farida Asmauanna mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk melaksanakan amanat dari Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan, pedoman teknis Keputusan KPU Nomor 1215 dan seterusnya.

“Di mana pada saat pendaftaran calon nanti, salah satunya menyampaikan naskah visi misi yang sesuai dengan RPJPD Kota Balikpapan. Artinya nanti bakal pasangan calon yang diusung oleh Parpol ataupun gabungan parpol, wajib menyampaikan naskah visi misi yang sesuai dengan RPJPD,” kata Farida.

“Dimana dalam hal ini, yang berwenang menyusun adalah Bappeda Litbang Balikpapan. Tadi sudah dipaparkan banyak sekali. Mulai isu strategis, game changer, kemudian visi dan misinya yang dijabarkan panjang. Nah itu yang menjadi acuan atau pedoman bagi pasangan calon yang nanti menyusun visi misi itu. Jadi Bappeda sangat membuka ruang konsultasi atau untuk mendapatkan informasi, Insya Allah materinya juga bisa diunduh di websitenya Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan,” ujar Farida.

Ia juga menyampaikan, di dalam surat Kemendagri, bahwa jika kalau belum tersedia RPJPD, dapat digunakan RPJMD. Tadi sudah disampaikan oleh Ibu Murni, sekarang RPJPD masih dalam pembahasan dipandangan fraksi DPRD Kota Balikpapan.

Farida berharap, visi misi ini bisa tersampaikan secara luas kepada elemen masyarakat yang nanti dan program Bapaslon Pilkada Balikpapan 2024 dan termasuk juga dengan janji politiknya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]