Search
Search
Close this search box.

Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri amankan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 di IKN

PROKALTIM, NUSANTARA – Dalam perhelatan puncak peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 79 yg diselenggarakan pertama kali di Ibukota Nusantara (IKN), jajaran Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri yg dipimpin oleh Brigjen Pol. Arief Budiman S.Ik, M.H. diterjunkan utk terlibat langsung dalam mengamankan situasi Kamtibmas selama kegiatan berlangung.

 

Secara khusus, Pasbrimob II Korps Brimob Polri telah membentuk Satgas Kontinjensi yang bertanggung jawab untuk mengantisipasi dan menangani berbagai bentuk Gangguan Kamtibmas Intensitas Tinggi (GKIT) seperti aksi tindak pidana terorisme, aksi tindak pidana yg menggunakan senjata api dan bom, konflik sosial, aksi anarkis, termasuk kejadian bencana alam dimana dalam pelaksanaannya selaras dengan rencana kontinjensi yg telah ditetapkan oleh Mabes Polri.

 

Komandan Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri Brigjen Arief Budiman S.IK, M.H. selaku Dansatgas Kontinjensi menyampaikan bahwa sejumlah 280 personel Pasbrimob II dilibatkan dalam berbagai subsatgas yg ada di dalam satgas kontinjensi dimana berbagai subsatgas tersebut adalah subsatgas Aksi Khusus, subsatgas PHH, subsatgas SAR, subsatgas Deteksi dini, dan subsatgas Banops. Adapun pola kontinjensi yg diterapkan adalah pola penggelaran kekuatan imbangan dan pola penggelaran kekuatan penebalan.

 

Disampaikan lebih lanjut oleh Komandan Resimen I Gegana Pasbrimob II Kombes Pol. Bambang Wiji Asmoro M.Han selaku Kasubsatgas Aksi Khusus, dalam pengerahan dan penggelaran kekuatan satgas kontinjensi pada dasarnya seluruh personel telah dilengkapi dengan berbagai alut dan alsus sesuai dengan subsatgasnya sehingga dapat secara efektif digunakan oleh seluruh personel Satgas Kontinjensi dalam melakukan berbagai penanganan situasi kontinjensi yg mungkin terjadi selama pelaksanaan rangkaian kegiatan puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 di IKN.

 

Sasaran utama yg diamankan oleh Satgas Kontinjensi meliputi jalur VIP, wilayah IKN dengan fokus area Istana Garuda, lokasi tempat upacara pengibaran bendera serta lokasi tempat berkumpulnya masyarakat yg turut hadir di Plaza Ceremony guna mengikuti rangkaian kegiatan upacara dimana pada dasarnya kelancaran dan keamanan kegiatan serta keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan tugas Satgas Kontinjensi Pasbrimob II Korps Brimob Polri.

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]