Search
Search
Close this search box.

Presiden Meresmikan Pembangunan Tiga Proyek Intiland di Ibu Kota Nusantara

PROKALTIM,NUSANTARA – Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) melalui entitas anak PT Adiwarna Harapan Nusantara, memulai tahapan pembangunan tiga proyek unggulan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Langkah ini menjadi wujud dukungan nyata dan optimisme Perseroan terhadap visi dan program Pemerintah dalam membangun IKN sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian baru yang berkelanjutan dan modern.

Dimulainya tahapan pembangunan ditandai dengan pelaksanaan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN 1B, Senin (12/08). Turut hadir dalam prosesi groundbreaking ini Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Basuki Hadimuljono, Menteri [t.b.a] bersama-sama dengan Sofyan A. Djalil Wakil Komisaris Utama dan Komisaris Independen PT Intiland Development Tbk, Eka Harianto Wibisono Presiden Direktur PT Abdael Nusa, Moedjianto Soesilo Tjahjono Presiden Direktur PT Intiwhiz International, Theresia Rustandi Presiden Direktur PT Inti Kolaborasi Nusantara, dan Soedjianto Ali Presiden Direktur PT Adiwarna Harapan Nusantara.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan tersebut memberikan arahan bahwa pembangunan IKN bukan hanya simbol kemajuan, tetapi juga mencerminkan komitmen Indonesia terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

IKN akan menjadi cerminan dari semangat gotong royong bangsa kita dalam menciptakan sebuah kota yang tidak hanya maju secara ekonomi, tetapi juga ramah lingkungan dan nyaman untuk ditinggali oleh seluruh lapisan Masyarakat,” kata Presiden Joko Widodo.

Sofyan A. Djalil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan jajarannya yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pembangunan Ibu Kota Nusantara. Pada kesempatan tersebut, Sofyan A. Djalil juga menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Intiland untuk turut berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam pembangunan IKN.

“Menjadi kehormatan bagi Intiland dan seluruh strategic partners kami, PT Abdael Nusa dan CAMC Engineering Co Ltd mendapat kesempatan turut andil dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. Sebuah mega proyek yang bukan hanya akan menjadi tonggak sejarah bagi negara, tetapi juga akan memberi manfaat luas dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia,” kata Sofyan A. Djalil usai pelaksanaan kegiatan groundbreaking di IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/08).

Sebagai pengembang dengan pengalaman selama lebih dari 45 tahun, Intiland siap memberikan dukungan dan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan pengembangan Ibu Kota baru. Perseroan akan berpartisipasi aktif dalam sejumlah proyek pengembangan fasilitas hunian, bisnis, komersial, dan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan IKN.

“Pembangunan Ibu Kota Nusantara adalah langkah strategis untuk masa depan Indonesia yang lebih baik, bukan hanya sebuah pencapaian penting atau milestone bagi Indonesia, tetapi juga membuka peluang besar bagi pemerataan pembangunan di seluruh negeri,” kata kata Sofyan A. Djalil.

Theresia Rustandi, Presiden Direktur PT Inti Kolaborasi Nusantara selaku entitas yang mempersiapkan proyek-proyek Intiland di IKN, mengungkapkan dalam pengembangan proyek-proyek di IKN, Intiland menjalin sinergi strategis dengan PT Abdael Nusa dan CAMC Engineering Co, Ltd.. Kolaborasi ini menggabungkan pengalaman, kompetensi, dan visi bersama untuk dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan IKN.

PT Abdael Nusa merupakan pengembang properti berpengalaman yang sukses membangun sejumlah proyek perumahan dan hospitality di Surabaya, Jakarta, dan Bali. Sementara CAMC Engineering Co., Ltd. (CAMCE) adalah perusahaan internasional asal China yang berkecimpung di bidang konstruksi, teknik, dan manajemen proyek.

“Lewat kerjasama ini, kami bersama-sama ingin berkontribusi dan menjadi bagian dari lahirnya Ibu Kota Nusantara. Sinergi strategis ini meningkatkan kemampuan bersama dengan menggabungkan kapasitas, kapabilitas, dan pengalaman yang dimiliki masing-masing pihak,” kata Eka Harianto Wibisono selaku Presiden Direktur PT Abdael Nusa.

Tiga Proyek Unggulan
Kegiatan peletakkan batu pertama menandai dimulainya pengembangan tiga proyek unggulan di kawasan IKN. Proyek pertama yakni pengembangan kawasan mixed-use Grand Whiz Nusantara yang mengintegrasikan fasilitas hotel, serviced apartment, area ritel, pusat olahraga, dan fasilitas food and beverage. Proyek kedua adalah Nusantara Quarter, sebuah pengembangan kawasan Transit-Oriented Development (TOD) yang mengintegrasikan hunian, perkantoran, dan area komersil dengan akses transportasi publik. Pengembangan ketiga yakni kawasan perumahan dengan fasilitas lapangan golf bernama Royale Nusantara Golf Resort & Residence.

“Semua pengembangan proyek kami rancang dengan mengedepankan prinsip-prinsip ramah lingkungan dan efisiensi energi, sejalan dengan visi IKN sebagai sustainable forest city,” kata Theresia Rustandi.

Pengembangan kawasan mixed-use Grand Whiz Nusantara, menurut Theresia dibangun di lahan seluas 0,72 hektare yang terdiri dari 50 unit serviced apartment, 50 unit hotel,perkantoran, area ritel, gym dan kolam renang, serta fasilitas food and beverage. Desain Grand Whiz Nusantara memaksimalkan penggunaan bukaan pada fasad bangunan untuk meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami.

Grand Whiz Nusantara juga menempatkan secara khusus tanaman-tanaman yang berfungsi sebagai shading untuk memberikan keteduhan dan kenyamanan. Tersedia pula akses pejalan kaki yang nyaman dan terintegrasi sebagai konektor yang mempermudah mobilitas dan meningkatkan interaksi antar pengguna.

Grand Whiz Nusantara mengalokasikan 47% dari luas area lahan untuk ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka untuk area sosialisasi publik serta fasilitas-fasilitasnya yang dapat diakses dan digunakan oleh semua kalangan. Tersedia pula berbagai fasilitas dan infrastruktur modern yang lengkap untuk mendukung kebutuhan penghuni, menciptakan kualitas hidup yang tinggi di lingkungan baru yang dinamis.

Proyek berikutnya adalah pengembangan kawasan TOD Nusantara Quarter di lahan seluas 6,7 hektare. Mengedepankan aspek integrasi dan fungsionalitas antarbangunan, kawasan TOD ini

dibangun dengan keunggulan konsep yang mengutamakan aspek transit interchange, walkable, area terbuka hijau, dan berkelanjutan.

Rencana awal pengembangan meliputi gedung perkantoran yang menempati area sekitar 2,2 hektare, lalu apartemen dengan luas lahan sekitar 3,3 hektare, dan low-rise development untuk ritel atau komersial di lahan sekitar 1,2 hektare, serta plaza atau area publik terbuka hijau yang menempati area sampai dengan 46% dari total luas area.

“Pengembangan kawasan TOD akan meningkatkan aksesibilitas pejalan kaki menuju simpul-simpul transportasi publik yang tersedia. Kami mengembangkan titik-titik ruang terbuka yang dirancang untuk menciptakan suasana kawasan yang hijau dan rimbun,” kata Theresia.

Pada pengembangan proyek berikutnya, Perseroan akan membangun Royale Nusantara Golf Resort & Residence, sebuah kawasan hunian yang dilengkapi dengan fasilitas lapangan golf seluas +- 200 hektare yang 70% di antaranya diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau. Kawasan ini menawarkan banyak keunggulan mulai dari tingkat hunian yang rendah (low-density], rindang, eksklusif, serta memiliki akses terpadu dengan transportasi publik.

Menempati area lahan seluas 100 hektare, lapangan golf 18 holes ini dapat dikembangkan hingga 27 holes. Sementara untuk kawasan hunian akan menempati area lahan seluas 100 hektare yang akan dapat menyediakan sekitar 800 hingga 1.000 unit rumah.

Pengembangan lapangan golf berskala internasional ini, menurut Theresia akan menjadi salah satu daya tarik bagi penggemar olahraga golf dari dalam dan luar negeri. Keberadaan fasilitas ini diharapkan turut menjadikan IKN sebagai kota kelas dunia yang bisa menjadi destinasi sekaligus memberikan kontribusi terhadap perekonomian Ibu Kota Nusantara.

“Kami berharap pembangunan proyek-proyek ini berjalan lancar dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak dan para pemangku kepentingan agar pengembangan ini dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi masyarakat,” ujar Theresia lebih lanjut.

Intiland senantiasa berkomitmen untuk menerapkan standar tertinggi dalam setiap proyek-proyeknya. Pembangunan ketiga proyek ini diharapkan dapat menjadi model pembangunan properti yang inovatif dan berwawasan lingkungan, serta mampu memberikan nilai tambah bagi para penghuni dan masyarakat sekitar. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]