Search
Search
Close this search box.

Start dari Balikpapan, Sebanyak 13 Armada Bus Akan Berangkatkan 514 Kepala Daerah ke IKN

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat koordinasi bersama para kepala daerah se-Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2024 di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemerintah Kota Balikpapan pun melakukan persiapan.

Menghindari kemungkinan terjadinya kemacetan saat hari H pelaksanaan, maka 514 kepala daerah (bupati dan wali kota) akan diberangkatkan ke IKN menggunakan 13 armada bus. Mereka akan berangkat dari Stadion Batakan Balikpapan secara bersama-sama sekitar pukul 06.00 Wita.

Pada Kamis (8/8/2024), Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni dan Sekda Balikpapan Muhaimin melakukan peninjauan lapangan ke Stadion Batakan dan Asrama Haji Batakan. Ke-13 bus yang akan membawa para kepala daerah ke IKN disiapkan di area Stadion Batakan. Sedangkan kendaraan pengantar bersama para pendamping dan ajudan akan menunggu di Asrama Haji Batakan.

“Jam 6 start menuju IKN. Belum ada konfirmasi untuk peserta yang terlambat. Jadi, kalau ada peserta yang terlambat, kemungkinan besar akan ditinggal,” kata Sekda Sri Wahyuni di Stadion Batakan Balikpapan.

Di lokasi antar jemput bus (shuttle bus) Stadion Batakan akan disiapkan beberapa toilet portabel dan tenda tegas. Di 13 bus yang akan membawa para kepala daerah juga akan disiapkan produk-produk UMKM Kaltim. Produk UMKM juga akan dijajakan di sekitar area Asrama Haji Batakan.

Parkir kendaraan pengantar disiapkan di Asrama Haji Batakan karena memiliki daya tampung yang besar hingga 500 unit kendaraan roda empat.

“Kami siapkan di sini karena parkir yang luas, toilet lengkap dan tersedia tempat beristirahat bagi para pengantar (ajudan/pendamping). Tempat salat juga tersedia sangat baik di sini,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan di hari H, Pemkot Balikpapan juga akan menerapkan sekolah online (belajar mandiri) guna menghindari kemacetan di sekitar Stadion Batakan dan Asrama Haji Batakan.

Pengaturan lalu lintas, selanjutnya juga akan dikoordinasikan bersama Polda Kaltim dan Dinas Perhubungan Balikpapan.

Sebagai informasi, untuk para gubernur se-Indonesia akan datang lebih awal pada Senin, 12 Agustus 2024 di IKN.

Tampak hadir mendampingi Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Balikpapan Agus Budi Prasetyo dan para pimpinan OPD terkait serta Camat Balikpapan Timur Mustamin. (adpimprovkaltim)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]