Search
Search
Close this search box.

Telah Tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Dibawa ke IKN

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Duplikat bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi telah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Sabtu (10/8/2024) siang.

Yang sebelumnya duplikat bendera pusaka ini diarak dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta sebelum akhirnya diterbangkan ke IKN melalui Bandara SAMS Sepinggan dengan menggunakan pesawat udara milik TNI AU.

Hingga tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, duplikat bendera pusaka tersebut langsung disambut dengan antusiasme dan semangat kebangsaan yang tinggi.

Kirab bersejarah ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dan dimulai dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih serta teks proklamasi dari Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

“Yang menarik dari kirab kali ini adalah rutenya. Biasanya, rute kirab hanya dari Monas ke Istana Merdeka, tetapi kali ini kita menciptakan sejarah dengan menyelenggarakan kirab dari Monas menuju ke IKN,” ujar Yusuf, salah satu pejabat yang terlibat dalam acara tersebut.

Salah satu keistimewaan dari kirab ini adalah penggunaan kendaraan taktis “Maung” buatan Pindad untuk mengangkut bendera duplikat dan teks proklamasi.

Saat keluar dari pintu utama VIP Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, mobil maung pembawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi itu dikawal ketat oleh aparat gabungan. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]