Search
Search
Close this search box.

Warga RT 84 Karang Rejo Gelar Upacara Kemerdekaan RI, Lurah Karang Rejo: Berencana Akan Dinobatkan Menjadi Kampung Pancasila

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Semangat nasionalisme masyarakat Indonesia, tidak luntur menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 dan Upacara Kemerdekaan yang dilakukan di berbagai daerah.

Seperti yang dilakukan warga lingkungan RT 84 Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur. Kelurahan Karang Rejo ini melaksanakan kegiatan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-79 RI dengan cara berbeda sendiri.

Warga melaksanakan upacara kemerdekaan itu di halaman rumah warga, tepatnya Posyandu RT 84 Karang Rejo. Ada sekitar 300-an lebih peserta upacara mulai dari pemuda sampai dengan orang tua di lingkungan RT 84 Karang Rejo.

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri Lurah Karang Rejo Budi bersama istri, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan anggota organisasi masyarakat, mengikuti kegiatan Upacara Kemerdekaan RI. Dan pembina upacara dipimpin langsung Lurah Karang Rejo, Budi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-79. Hari ini, Bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan, sebuah hari yang mengingatkan masyarakat Indonesia akan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kebebasan dan kemerdekaan Indonesia.

“Dalam semangat proklamasi, kita mengenang jasa-jasa mereka yang telah berjuang tanpa pamrih, memberikan kita kemerdekaan yang kita nikmati saat ini. Tema kemerdekaan tahun ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju,” ucap Budi, dalam sambutannya, pada Sabtu (17/8/2024).

“Dalam semangat tema ini, marilah kita terus berupaya membangun masyarakat yang lebih baik, saling mendukung dan bekerja sama untuk kemajuan lingkungan kita di RT 84 Kelurahan Karang Rejo,” ujar Budi.
Budi mengatakan, bersama-sama, memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan ini. Mari tingkatkan persatuan dan kesatuan, memperkuat gotong royong, dan membangam lingkungan yang harmonis serta berdaya saing.

“Kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan hari ini, mulai dari perlombaan, hiburan, hingga upacara bendera, adalah bentuk nyata dari semangat kebersamaan dan rasa cinta tanah air kita,” kata Budi.

Lurah Karang Rejo berharap semoga acara hari ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan. Dirinya juga mengajak seluruh warga untuk terus berkontribusi positif dalam setiap kegiatan yang dilakukam bersama.

“Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif seluruh warga dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ini. Mari kita jadikan momentum ini sebagai langkah awal menuju masa depan yang lebih baik,” ungkap Budi.

“InsyaAllah, di lingkungan RT 84 Karang Rejo akan dinobatkan menjadi kampung Pancasila,” ujar Budi.

Sementara itu, Ketua RT 84 Karang Rejo, Sutaji mengatakan, upacara HUT Kemerdekaan RI ini sempat vakum selama tiga tahun akibat dilanda pandemi Covid-19.

“Sudah 5 tahun warga RT 84 melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI, digelar dari tahun 2017, 2018, 2022, 2023 dan tahun 2024. Dan selama 3 tahun vakum pada tahun 2019, 2020, dan 2021,” kata Sutaji.

Sutaji sejak tahun 2017 berperan menjadi Ketua RT 84 Karang Rejo, dirinya sudah 2 periode menjadi Ketua RT 84. Dan sekarang jumlah KK RT 84 Karang Rejo, secara keseluruhan sebanyak 99 KK.

“Kegiatan upacara ini bukan dari kemauan saya sendiri sebagai Ketua RT 84, melainkan warga RT 84 sendiri yang menginginkan melaksanakan upacara bendera yang sudah 5 tahun ini. Dengan semangat warga di RT 84 tersebut, elain melaksanakan upacara bendera, juga menggelar acara halal bihalal, juga acara keagamaan dengan menyambut 1 Muharram dan acara lainnya,” ujar Sutaji. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]