Search
Search
Close this search box.

KPU Balikpapan Gelar Debat Publik Pertama Calon Wali Kota 23 Oktober 2024

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan kegiatan kampanye pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan, yang digelar di Hotel Horison Sagita, pada Kamis (17/10/2024).

Pelaksanaan Rakor tersebut dihadiri Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), tim paslon Rahmad Mas’ud-Bagus Susetyo, tim paslon Rendi Susiswo Ismail-Eddy Sunardi Darmawan, tim paslon Muhammad Sa’bani-Syukri Wahid, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, dan stakeholder lainnya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Balikpapan, Farida Asmaunna menyampaikan, pada 17 Oktober 2024 ini, tahapan masa kampanye sudah memasuki 23 hari.

“Sepertinya tinggal 2/3 tahapan kampanye, hari ini kita akan membahas terkait salah satu metode kampanye yang menjadi ruang yang ditunggu-tunggu untuk paslon bisa merebut hati warga Kota Balikpapan, adalah debat publik atau debat terbuka,” katanya.

Ia juga menyampaikan, dimana KPU Balikapapan sudah merumuskan beberapa hal, salah satunya adalah pembentukan tim perumus, tim panelis, desain debat dan hal-hal lainnya yang detail rinci dipaparkan.

“Kemudin, saya harap hari ini kita mampu melahirkan keputusan-keputusan atau hal-hal penting yang akan kita laksanakan bersama-sama,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Balikpapan, Suhardy menyampaikan, KPU Balikpapan akan melaksanakan tiga kali debat publik.

“Jadi pada 23 Oktober 2024 akan dilaksanakan debat kandidat pertama kali yang bertempat di Novotel Hotel Balikpapan, jam 20.00 Wita sampai dengan jam 23.00 Wita. Jadi medianya itu Kompas TV, kami sudah susun tim perumus, juga mempersiapkan tim panelis dan segala bentuk agar pelaksanaannya bisa berlangsung dengan baik,” kata Suhardy.

Ia menyampaikan, untuk pendukung Paslon dibatasi hanya 50 orang per masing-masing Paslon supaya kondusif. “Debat pertama, kami rumuskan calon Wali Kota dulu yang lebih dominan. Digelar tiga kali debat, yakni pertama pada 23 Oktober konsentrasi ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota hanya menguatkan (melengkapi) saja,” ucapnya.

Lanjut Suhardy, yang ke dua giliran debat calon Wakil Wali Kota yang digelar pada 7 November dan ditayangkan di stasiun TVRI.

“Yang debat ke tiga, digelar pada 20 November 2024, tapi untuk sementara ini belum final, karena kami masih negosiasi sama TV nasional,” ujarnya.

Dan debat publik pertama akan mengambil tema “Hukum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Reformasi Birokrasi”. “Perlu diketahui, debat dirumuskan oleh tim perumus, bukan KPU yang merumuskan debat ini,” ungkapnya.

Dari tema tersebut melahirkan sub tema. Pertama, hukum, kolusi, tranparansi dan keterbukaan informasi. Kedua, ASN, manajemen kepegawaian dan man sistem.

“Jadi tema dan sub tema ini nanti, profil atau kebutuhan dari Paslon itu menyesuaikan dari tema ini. Kita sampaikan karena ini sudah tanggal 17, sehingga Paslon punya waktu lima hari untuk mempersiapkan debat terbuka tersebut,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]