Search
Search
Close this search box.

Pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia Kaltim Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Akbar Patompo resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kalimantan Timur periode 2024-2029, dalam acara yang digelar 13-15 Oktober 2024 di Hotel Horison Sagita, Balikpapan, pada Senin (14/10/2024).

Pelantikan Akbar Patompo bersama pengurus DPD lainnya dipimpin langsung oleh Sekretaris Umum PTI, R.S Suroyo JR, yang mewakili Ketua Umum PTI, G. Budisatrio Djiwandono. Dan pelantikan ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) DPD PTI Kaltim, yang dihadiri peserta dari berbagai wilayah di Kaltim.

Yang bertema, Pemuda dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal Dalam Membangun Kedaulatan Pangan Nusantara.

Pelantikan dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pusat, Sekretaris Umum PTI, R.S Suroyo JR, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur, Siti Farisyah Yana, Wakil Ketua I Provinsi Kaltim Ekti Imanuel, Wakil Ketua III Provinsi Kaltim Yenni Eviliana, anggota DPRD Provinsi Kaltim, anggota DPRD Kota Balikpapan, Pemkot Balikpapan, Kepolisian Daerah Kaltim, Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, hingga stakeholder.

Dalam sambutannya, Akbar Patompo mengatakan, dirinya sebagai ketua DPD PTI Kaltim baru saja diamanahkan segera turun ke lapangan untuk membantu para petani di Kaltim.

Ia juga menyampaikan, DPD PTI Kaltim juga akan berkolaborasi dengan stakeholder untuk bagaimana memajukan pertanian Kaltim. Termasuk menggandeng seluruh pengurus PTI tingkat kabupaten-kota, juga akan dilakukannya.

“Visi dan misi kami juga akan merangkul anak-anak muda sebanyak-banyaknya untuk cinta dunia pertanian, perkebunan, perikanan untuk mewujudkan cita-cita pemerintah yakni swasembada pangan,” kata Akbar.
Sekretaris Jenderal PTI, R.S Suroyo JR, menyampaikan program dari ketua umum Dewan Pengurus Pusat PTI, G Budisatrio Djiwandono. Dengan itu G Budisatrio disebut berkomitmen merangkul generasi muda ke PTI. Upaya ini disebut untuk menuntaskan masalah generasi petani.

Ia juga menyampaikan, anggota DPR RI itu berpesan kepada DPD Pemuda Tani Indonesia Kaltim untuk intens berkomunikasi dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak dari tingkat daerah hingga pusat dalam membangun pertanian. Dengan begitu, harapan mewujudkan pertanian yang unggul dan sejahtera diyakini dapat terwujud.

“DPP Pemuda Tani Indonesia siap menjembatani aspirasi dari daerah ke pusat. Mendorong anak-anak muda dengan program ke sekolah-sekolah, ke kampus-kampus, dan program ke desa-desa, untuk mengajak anak muda untuk cinta,” ujarnya.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana mengatakan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus PTI yang telah menunjukkan dedikasi dan semangat yang luar biasa dalam memajukan sektor pertanian, perikanan, kelautan, peternakan di Provinsi Kaltim.

Pembangunan pertanian di Kaltim menghadapi sejumlah tantangan, antara lain tanah yang tidak subur, kerap terjadi alih fungsi lahan untuk pertambangan batu bara, sebagian besar petani berusia di atas 39 tahun, rendahnya minat generasi muda terhadap usaha tani, petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, hingga perubahan iklim.

Dari visi dan semangat yang dibawa organisasi tersebut dalam menuntaskan problematika sektor pertanian dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pemuda Tani Indonesia disebut punya visi besar melahirkan generasi baru yang inovatif, kreatif, dan mampu memanfaatkan teknologi modern dalam mengelola sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan peternakan di Kaltim.

“Dengan demikian, kita bisa menghadirkan pertanian yang lebih produktif, berkelanjutan, dan menguntungkan bagi anak-anak muda,” pungkasnya.

Ia berharap, DPD Pemuda Tani Indonesia Kaltim dapat bekerja sama dengan pemerintah, organisasi kepemudaan, dan para pelaku usaha untuk mewujudkan petani muda yang kreatif dan inovatif. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]