NEWS

Search
Search
Close this search box.

KPU Pantau Ketat Perubahan Data, Pemilih Pemula di Pilkada Balikpapan 2024 Mendominasi Dalam Data Pemilih di Kota Balikpapan

PROKALTIM,BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan saat ini sedang melakukan rekapitulasi data untuk memastikan keakuratan jumlah pemilih yang akan terdaftar secara resmi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dan proses penetapan DPT untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Balikpapan terus berjalan.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Makta, yang digunakan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan 27 November 2024 mendatang.

“Kami masih dalam proses rekapitulasi, dan besok akan dilakukan penetapan resmi. Saat ini kami fokus pada hasil substitusi dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat kecamatan. Jumlah pastinya belum bisa saya pastikan karena proses ini masih berlangsung,” ucap Makta, kepada awak media, pada Rabu (18/9/2024).

Menurut Makta, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi berkurangnya jumlah pemilih. Dimana pemilih tersebut pindah domisili atau meninggal dunia.

“Selama proses penyesuaian data yang kami lakukan, memang ada beberapa perubahan signifikan yang mempengaruhi jumlah pemilih, salah satunyanada warga luar Balikpapan, kemudian berdomisili di Balikpapan dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Balikpapan,” ujar Makta.

Ia juga menambahkan, pemilih pemula pada Pilkada Balikpapan tahun ini mendominasi dalam data pemilih dikota Balikpapan. Pasalnya pemilih pemula berusia 17 hingga 35 tahun menjadi pemilih yang sangat dominan di Balikpapan.

“Pemilih pemula ini menjadi kekuatan besar dalam Pilkada tahun ini,” ujarnya.

Makta menyebut, proses rekapitulasi yang dilakukan KPU Balikpapan saat ini merupakan upaya untuk menjaga keakuratan data. Meskipun ada pengurakan, namun data yang diolah akan lebih akurat mencerminkan data terbaru dari pemilih yang ada di Balikpapan.

proses rekapitulasi berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang signifikan. Setiap tanggapan atau masukan yang muncul selama proses rekapitulasi di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan langsung ditindaklanjuti dan diselesaikan di tempat.

“Hingga kini KPU telah melakukan analisis menyeluruh terhadap data pemilih untuk menghindari adanya data yang tidak valid atau ganda. Tim KPU secara proaktif menganalisis data invalid dan memperbaikinya sebelum penetapan DPT esok hari,” pungkas Makta.

Dengan proses rekapitulasi yang berlangsung besok, KPU Kota Balikpapan berharap penetapan DPT dapat berjalan lancar dan seluruh pemilih yang berhak dapat terdaftar dengan baik untuk Pilkada 2024. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]