DPRD SAMARINDA, BELAJAR CSR DI MASA PANDEMI KE BALIKPAPAN.

BALIKPAPAN-Kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda ke DPRD Balikpapan terkait perlunya pendalaman informasi mengenai optimalisasi dana CSR di masa pandemi saat ini.

Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar pembangunan di daerah yakni dengan memanfaatkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari perusahaan yang beroperasi di daerah sekitar.

Usai menerima kunjungan, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Iwan Wahyudi mengatakan untuk saat ini perusahaan di kota minyak sudah mengarahkan sebagian dana CSR-nya untuk membantu pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19). Seperti membantu penyediaan alat pelindung diri bagi tenaga medis dan masyarakat umum hingga penyemprotan desinfektan serta pembagian masker.

“Jadi kami sudah meminta perusahaan berpartisipasi mencegah penyebaran covid. Alhamdulillah responnya cukup baik. Semua pihak perusahaan terlibat aktif dalam membantu pemerintah di sini,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Balikpapan, Senin (24/8) siang.

Baca juga  Jawaban Wali Kota terkait Penyelenggaraan Kearsipan DPRD Balikpapan Gelar Rapat Paripurna

Menurut Iwan pihak DPRD Samarinda berencana menerapkan hal serupa yang dilakukan di Balikpapan. Dimana perusahaan yang beroperasi di daerah tidak hanya berorientasi untuk meraup keuntungan dari bisnisnya. Tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial membantu pembangunan berbasis kemasyarakatan lewat dana CSR yang dialokasikan setiap tahunnya.

“Tadi kami berdiskusi tentang cara optimalisasi dana CSR bersama DPRD Samarinda. Mereka pun berencana menerapkan hal yang sama. Khususnya untuk warga terdampak covid yang berada di ring 1 perusahaan. Artinya mereka warga terdekat dan terkena dampak ekonomi dari covid ini,” tutur politisi asal PPP ini.

Untuk itu Iwan menilai, di tengah keterbatasan kemampuan pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19, peran swasta terutama perusahaan diharapkan dapat membantu meringankan masyarakat. Salah satunya dengan menyalurkan dana CSR untuk program bantuan sosial dampak ekonomi akibat covid. Caranya dengan menyalurkan dana bantuan melalui anggaran CSR kepada pemerintah. Lalu dana itu nantinya digunakan untuk berbagai keperluan pemerintah dalam menangani covid-19.

Baca juga  CEGAH COVID 19 ,SABARUDDIN DUKUNG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN JAM MALAM DI BALIKPAPAN

“Wabah ini semoga saja bisa cepat selesai. Karena memang dampaknya meluas hingga perekonomian. Karena kegiatan ekonomi terhambat bahkan banyak pekerja di PHK. Makanya kami ingin kegiatan CSR bisa seiring sejalan dengan pemerintah kota Balikpapan,” tutupnya.

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana