Search
Search
Close this search box.

TANGGAPI LAPORAN LSM,KOMISI III DPRD BALIKPAPAN SIAP SIDAK PENGELUPASAN MANGROVE BALIKPAPAN BARAT

BALIKPAPAN-Komisi III DPRD Kota Balikpapan akan menindaklanjuti laporan adanya pengupasan lahan mangrove di kawasan teluk Balikpapan. Laporan tersebut disampaikan salah satu LSM yang membawakan bukti adanya kegiatan pengupasan lahan yang ditengarai merusak lingkungan.

Menyikapi hal ini, anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Taufiqurrahman berjanji segera menjadwalkan pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan terkait laporan dugaan pengupasan lahan mangrove di kawasan Teluk Balikpapan. Termasuk juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pengupasan lahan.

“Kami sudah menerima laporan resmi dari pihak LSM. Selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan sidak untuk membuktikan kebenaran laporan tersebut,” ujarnya usai menerima pihak LSM di kantor DPRD Balikpapan.

Baca juga  Aminuddin Berharap Ada Pembangunan Sekolah di Balikpapan Tengah

Taufiq mengatakan, pengupasan lahan mangrove tidak bisa dibenarkan karena akan berakibat abrasi air laut. Padahal kawasan mangrove merupakan kawasan hutan yang penting untuk berkontribusi atas kelestarian alam. Apalagi hutan mangrove itu adalah ikon yang dilindungi oleh undang-undang karena menyangkut kawasan konservasi yang tidak boleh ada aktifitas pengupasan.

“Kami belum melihat sejauh mana kebenaran informasi ini karena belum ada turun ke lapangan. Ini masih dijadwalkan sidaknya mengingat lokasinya juga tidak bisa diakses lewat darat jadi harus lewat laut,” tuturnya.

Menurut Taufiq jika nanti dalam hasil pemeriksaan lapangan ditemukan bukti perusakan lingkungan maka pihak DPRD akan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan. Diantaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait kepastian lokasi kawasan konservasi dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan terkait perizinan pengupasan lahannya.

Baca juga  Dampak El Nino di Kota Balikpapan, Suwanto: Dibutuhkan Ketahanan Pangan dan Penghematan Air

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]