Search
Search
Close this search box.

5 Destinasi Wisata yang Diburu Netizen Lewat Google untuk Liburan Akhir Tahun

MASIH menjadi trend menjelang akhir tahun. Minat netizen mencari rekomendasi liburan akhir tahun, melalui mesin pencarian Google sangat tinggi.

Pencarian destinasi wisata di mesin pencarian Google meningkat. Dan hasilnya ada lima destinasi wisata paling populer yang dicari netizen lewat Google.
Seperti yang sudah dilansir detikcom, berdasarkan rilis yang diterima dari Traveloka, Sabtu (19/12/2020), tim Traveloka merangkum destinasi yang paling dicari berdasarkan data dari Google Trend. Disebutkan, Bali sebagai salah satu destinasi paling diminati di bulan Desember 2020.

Selain Bali, destinasi domestik yang populer di bulan ini yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Puncak atau Bogor, Yogyakarta, dan Malang.

1. Bali (83%)

Dreamland Bali (source : trip trus)

Sudah bukan rahasia jika Bali yang terkenal dengan julukan pulau Dewata terkenal sebagai destinasi travel paling populer di Indonesia. Tak hanya bagi wisatawan domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor hingga kalangan wisatawan mancanegara.

Hal ini, bisa dilihat dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mengenai Bali yang mencapai 83% di bulan September ini. Sejak pariwisata Bali dibuka secara resmi akhir Juli lalu, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi travel.

Adapun data lebih mendetail mengenai tren pencarian topik seputar traveling di Provinsi Bali adalah wisata di Gianyar, Tabanan, Karangasem, Badung dan Buleleng.

2. Jakarta (30%)

Pulau Tidung Jakarta (source : hernandpraditya)

J-Town alias Jakarta merupakan tempat unsur-unsur tradisional dan modern serta beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia berpadu. Tak hanya terkenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta juga memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara.

Baca juga  Solusi Mengembangkan Desa Pampang, Andi Harun: Infrastruktur Masuk APBD Murni 2021

Tak heran jika Jakarta menempati posisi kedua sebagai destinasi travel di Indonesia paling dicari dengan rata-rata persentase pencarian di bulan September mencapai 39%.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya juga destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

3. Lampung (8%)

Pulau Pahawang (source : antavaya)

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, yang beribu kota di Bandar Lampung. Sebagai destinasi Provinsi yang paling dicari, Lampung memiliki rata rata persentase pencarian sekitar 10% di bulan September.

Provinsi ini memiliki dua kota yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa membuatnya terkenal akan keberadaan pantai-pantai menawan.

Di Lampung pilihan wisata dan rekreasi adalah Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat dan Danau Ranau. Untuk wisata kuliner ada Macarena Foodcourt Way Halim, Bakso Sony Lampung, Little Europe Citra Garden, Nasi Uduk Jengkol, Ikan Bakar Gembul.

Sedangkan akomodasi ada Golden Tulip Springhill Lampung, Radisson Lampung Kedaton, Novotel Lampung dan Sheraton Lampung Hotel.

4. Yogyakarta (7%)

Malioboro Yogyakarta (source : jogjakartour.com)

Dengan rata-rata persentase pencarian 32%, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati posisi ketiga destinasi paling dicari di mesin pencari bulan September ini. Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan kota wisata populer yang ada di Indonesia.
Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis.

Baca juga  Sukseskan Penyelenggaraan KTT G20 Indonesia Melalui Doa Bersama Kemenkumham

Sejumlah pengunjung berfoto ditengah jalan Malioboro saat uji coba management rekayasa lalu lintas kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta, Selasa (3/11/2020). Pembatasan kendaraan bermotor yang masuk Jalan Malioboro membuat pengunjung leluasa menikmati kawasan pedestrian malioboroSejumlah pengunjung berfoto di tengah jalan Malioboro saat uji coba management rekayasa lalu lintas kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta.
Beberapa pilihan wisata dan rekreasi diantara Malioboro, Taman Sari, Pule Payung dan Pantai Drini. Wisata kuliner ada Gudeg Rawon, Angkringan Lik Man, Kafe Layar Sentuh dan Tempo del Gelato.

Teruntuk akomodasi penginapan pilihannya antara lain Hotel Tentrem Yogyakarta, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro Yogyakarta, Hyatt Regency Yogyakarta dan Yogyakarta Marriott Hotel.

5. Jawa Barat (3%)

Kawah Putih Ciwidey (source : tourisindo)

Terdapat banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang menjadikan Provinsi ini mempunyai persentase pencarian rata-rata sekitar 7% sebagai destinasi yang paling dicari di bulan September. Provinsi ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama partner traveling Anda mulai dari Lembang, Sukabumi, Cirebon, hingga ibu kotanya Bandung.

Wisata dan rekreasi di Jawa Barat diantaranya Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Cipanas, Kabupaten Garut, Museum Zoologi Bogor, Bogor Tengah, Kota Bogor dan Kebun Raya Bogor. Untuk wisata kuliner ada Surabi Bakar Bandung, Mie Kocok Bandung, Karedok, Asinan Bogor, Roti Unyil dan Tahu Gejrot.

Adapun akomodasi diantaranya Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort, Aston Pasteur, Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung dan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort. (cho)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]