Search
Search
Close this search box.

Naik Pesawat Wajib Miliki Rapid Test Antigen

antigen

Jakarta – Setelah Bali memberlakukan penolakan Rapid Test Covid-19 bagi pelancong yang masuk ke Bali dan mengganti Tes Swab PCR, kini Pemerintah pun ikut menetapkan syarat wajib rapid test antigen bagi pelaku perjalanan di dalam maupun luar negeri. Dengan begitu, syarat rapid test antibodi tidak berlaku lagi untuk penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Seperti yang disampaikan Kapol Sub Sektor Terminal 2 Bandara Soetta, Sofyanto yang telah dilansir detikcom, mengatakan aturan itu mulai berlaku besok pukul 00.01 WIB. Kebijakan itu diundur dari yang seharusnya berlaku hari ini, karena banyak penumpang yang belum mengetahui hingga sempat menimbulkan kerumunan.

“Rapid test antibodi sampai nanti malam pukul 00.00 WIB masih diberlakukan. Untuk 00.01 WIB ke sini, esoknya sudah menggunakan (rapid test) antigen,” katanya saat ditemui di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Senin (21/12/2020).

Baca juga  Memprihatinkan! Bayi 2 Bulan dan Pria Stroke Terisolir 4 Hari Butuh Bantuan Segera

Meski begitu, ada dua wilayah yang tidak berlaku rapid test antigen dan harus menunjukkan hasil PCR swab, yakni Denpasar Bali dan Bangka Belitung.

“Ada dua wilayah yang harus menggunakan PCR swab, yaitu Denpasar dan yang kedua Bangka Belitung,” ucapnya.

Meski tidak berlaku lagi, Bandara Soetta tetap menyediakan layanan rapid test antibodi untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun yang sebenarnya tidak wajib menunjukan hasil rapid test.

“Untuk 12 tahun ke bawah tidak diwajibkan, (kalau mau) rapid test antibodi saja. Soalnya (kalau rapid test antigen) di lubang hidung, kalau anak kecil kan sakit, rasa traumanya, antisipasi kita di situ,” jelas Sofyanto. (fdl/ven)

Baca juga  Dukungan Dibukanya Industri Pertunjukan Menguat, Ketua Komisi X : Sudah Saatnya Industri Kreatif Berjalan

Saat ini, Bandara Soetta menyediakan layanan rapid test antibodi seharga Rp 85.000, rapid test antigen Rp 200.000 dan PCR Swab Rp 800.000. (fdl/ven)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]