Search
Search
Close this search box.

PKB: Sangat Mungkin Jokowi Reshuffle Kabinet Rabu Pon 23 Desember

Jakarta – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat di akhir 2020. PKB menilai ada kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.
“Menurut saya, sangat mungkin terjadi reshuffle pada Rabu Pon tanggal 23 Desember nanti,” kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Jazilul mengatakan ada 2 tanggal yang dianggap bagus menurut penanggalan kalender Jawa. Pertama, 23 Desember hari Rabu Pon. Kemudian, 30 Desember hari Rabu Kliwon.
“Kalau bulan ini, tanggal 23 Desember jatuhnya Rabu Pon neptunya 14 Lakuning Rembulan atau berikutnya 30 Desember Rabu Kliwon, neptunya 15 Lakuning Srengenge (Matahari). Semua sama bagusnya,” jelasnya.

PKB menilai Rabu Pon adalah hari yang bagus serta lebih tenang. Namun, PKB menegaskan keputusan melakukan reshuffle adalah hak Jokowi.

“Hemat saya, Rabu Pon bagus, lebih adem ayem. Namun itu mutlak kewenangan Presiden kapan hari yang tepat dan pengganti yang tepat pula,” tuturnya.
PKB kemudian mengimbau masyarakat bersabar mengenai waktu reshuffle. PKB berharap Presiden Jokowi dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle.

Baca juga  RDP Komisi III DPR RI di Mapolda Kaltim, Soroti Tambang-Tambang Liar di Kaltim

“Isu (reshuffle) tersebut bisa jadi benar. Hemat saya, kita bersabar dan berdoa agar Presiden memutuskan yang terbaik dan diridhoi Allah SWT untuk kebaikan bersama,” kata Jazilul.
Rentetan kekecewaan Presiden dan OTT KPK terhadap dua menteri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial Juliari Batubara, makin memperkuat peluang adanya reshuffle kabinet. Isu santer reshuffle kabinet akan diumumkan pada akhir Desember 2020 tak lama setelah gelaran Pilkada serentak digelar. Sinyal reshuffle kabinet juga terdengar santer di lingkup internal parpol koalisi pemerintahan, salah satunya dari PDIP.

“Logis saja bila presiden memikirkan reshuffle, minimal pengisian nama-nama baru,” kata politikus PDIP Hendrawan Supratikno, kepada wartawan, Minggu (6/12).

Isu reshuffle kabinet juga terdengar riuh di kalangan politikus Senayan. Sejumlah politikus menyebut Presiden Jokowi mungkin akan mengumumkan reshuffle kabinet di akhir bulan ini. Ada juga yang iseng menyebut Rabu Pon, yang kebetulan jatuh pada 23 Desember 2020, sebagai salah satu hari favorit Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet.
Apakah reshuffle kabinet mendesak diumumkan dalam waktu dekat? Pakar Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte, melihat dari sisi kebutuhan memang Presiden Jokowi perlu melakukan reshuffle. Paling tidak mengisi dua kursi menteri yang tersangkut korupsi.

Baca juga  Menhub Pastikan Kesiapan Inrastruktur dan Transportasi Pelaksanaan PON Papua Lancar

“Kalau dari sisi kebutuhan memang perlu, karena ada yang bermasalah dengan KPK dan Menteri KKP kan sudah mengundurkan diri dan tidak bisa terus dirangkap oleh Menko. Mungkin portofolio Menko sudah banyak sehingga perlu menetapkan menteri baru definitif,” kata Philips kepada wartawan, Jumat (11/12).

Mengenai pilihan hari reshuffle yang pernah dilakukan Jokowi, detikcom menghimpun data mengenai hal itu pada Senin (6/7). Selama masa kepemimpinan Jokowi periode pertama, ia sudah melakukan empat kali reshuffle terhadap Kabinet Kerja. Berikut ini daftarnya:

Reshuffle Jilid I: Rabu Pon 12 Agustus 2015
Reshuffle Jilid II: Rabu Pon 27 Juli 2016
Reshuffle Jilid III: Rabu Pahing 17 Januari 2018
Reshuffle Jilid IV: Rabu Pahing 15 Agustus 2018

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]