Search
Search
Close this search box.

Plt Bupati Kutim Tinjau Pembangunan Jembatan Masabang – Progres Sudah Capai 84 Persen

SANGATTA – Hari pertama kerja pasca cuti kontestasi Pilkada, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang langsung melakukan peninjauan progres pembangunan Jembatan Masabang di Desa Sangatta Selatan, Senin (7/12/20). Saat meninjau, Kasmidi didampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim Witono dan Camat Sangatta Selatan Hasdiah.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan dan Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara itu itu kini sudah tampak tersambung. Jembatan Masabang merupakan aspirasi masyarakat sejak 2005 dan wacananya sudah berhembus ditahun-tahun sebelumnya. Tapi, kala itu belum ada kebersamaan, sehingga pembangunan jembatan tersebut belum bisa terlaksana.

Hingga saat ini perkembangan daerah semakin pesat, kebutuhan mobilitas sebagai akses terdekat antara Sangatta Selatan dan Sangatta Utara sangat dibutuhkan. Maka tidak ada kata lain jembatan Masabang harus dibangun.

Baca juga  Salah Satu Saksi Tewas Pelajar di Gorong-Gorong Jalan Siaga

Dengan pembangunan jembatan tersebut, Kasmidi menilai akan lebih memudahkan masyarakat. Ketika ada musibah misalnya, seperti kebakaran, kecelakaan dan lain sebagainya. Maka akses mobilisasinya akan mudah dan lebih cepat, ketimbang harus memutar di Jembatan Kampung Kajang atau melaui Jembatan Pinang di Jalan Poros Sangatta-Bontang.

“Jadi cepat, itu salah satu yang menjadi pertimbangan kita. Jadi mohon maaf, bagi masyarakat yang usahanya ponton insyaAllah tidak akan dirugikan,” tuturnya.

Kasmidi menyebut opsi untuk tetap memberdayakan pengusahaan ponton yaitu melalui penataan ponton menjadi tempat kuliner. Sebagaimana konsep Pemerintah Kecamatan Sangatta Selatan. Bisa saja menjadi wahana dan tempat wisata kuliner. Sarapan pagi atau makan malam. Jika memungkinkan dibangun restoran-restoran mini.

Baca juga  Kapolda Kaltim Sambut Kedatangan Panglima TNI di Benua Etam

Sementara itu, dari pantauan Pro Kutim progres pengerjaan Jembatan Masabang sudah mencapai 84 persen. Berdasarkan data pengerjaan oleh pihak kontraktor PT Putra Angga Pratama, nilai kontrak proyek Rp 35.052.216.000 dengan type jembatan rangka besi lengkung Kelas A dengan panjang jembatan 50 meter, lebar 1 – 7 – 1 meter. Panjang penanganan jalan 900 mm dan produk akhr jalan perkerasan kaku (Rigid Pavement) tebal 27 cm.

“Progresnya sudah mencapai di angka 84 persen, kita terus genjot pengerjaan Jembatan Masabang agar segera selesai,” ucap salah seorang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim Fahmi Ramdani. (hms13/hms3)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]