Gara-gara Dilupakan Jokowi, Tagar #KalseljugaIndonesia Puncaki Trending Topic Twitter!

BANJARBARU, PROKALTIM – Dipicu pernyataan Presiden Joko Widodo pada Jumat (15/1/20211), terkait beberapa bencana alam di tanah air yang terjadi pekan ini tagar #KalseljugaIndonesia kini puncaki trending topic twitter.

Seperti dikutip KanalKalimantan, sebelumnya Jokowi menyampaikan belasungkawa terhadap keluarga korban gempa bumi di Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dan korban longsor di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (15/1). Presiden meminta jajarannya bertindak cepat membantu penanganan dampak bencana alam.

Hal ini memicu protes warganet melalui jejaring sosial Twitter, hingga petang tagar #KalseljugaIndonesia sudah mencapai 153 ribu tweet.

Artis Dunia ikut meramaikan trending #kalselJugaIndonesia (foto: twitter)

Bahkan tidak sedikit warga asing dan tidak terkecuali para artis Korsel pun ikut meramaikan tagar #KalseljugaIndonesia dan mengirimkan doa bagi warga Kalimantan Selatan.

Pada pernyataan resminya, Presiden Joko Widodo tidak sedikitpun menyebut bencana alam yang terjadi di Kalimantan Selatan.

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kepada Menteri Sosial, kepada Kepala Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka,” kata presiden.

Baca juga  279 Juta Data Pribadi Warga Indonesia Bocor, Kominfo Telah Panggil Direksi BPJS Kesehatan

Kepala Negara juga meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh petugas di lapangan. Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia akibat tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, Presiden juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana.

“Terakhir, saya mengimbau agar kita semuanya untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik berupa hujan lebat dan yang lainnya dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika),” pungkasnya.

Baca juga  7 Kementerian Diusulkan Work Form Bali, Luhut : Dukung Peningkatan Pariwisata The Nusa Dua Bali

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ikut menyampaikan rasa duka atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Mamuju dan Kota Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berkekuatan 6,2 magnitudo.

Airlangga mengimbau seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, maupun masyarakat bersatu untuk mengatasi dampak musibah ini. Terlebih, Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir semua sektor.

“Dengan bersatu, bersama mengatasi dampak gempa, diharapkan pembangunan dan perekonomian di Sulbar segera bangkit,” tuturnya, Jumat (15/1).

Tidak adanya pernyataan belasungkawa terhadap warga Kalimantan Selatan, membuat tagar #KalselJugaIndonesia, menjadi trending di jagad maya.

Sejumlah netizen menyinggung pemerintah pusat yang dianggap tidak memperhatikan warga yang terdampak bencana di Kalimantan Selatan dengan memposting foto-foto dahasyatnya bencana banjir di Kalsel. (andy/cow)

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana