Inisiatif Relawan Pemuda Pancasila & Tim Prokaltim Bantu Warga Terdampak Banjir di Pelosok Kalsel

HULU SUNGAU,PROKALTIM – Tidak ada kata terlambat dalam kebaikan. Hari ketujuh pasca musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan selatan, Tim Prokaltim bersama Relawan Pemuda Pancasila PAC Balikpapan Kota ikut mengirim bantuan hingga ke pelosok Kalsel. Bantuan hasil donasi warga Balikpapan dan didukung oleh seorang donatur di Balikpapan yang peduli dengan musibah banjir Kalsel.

Penyerahan bantuan langsung ke warga di lokasi Hulu Sungai, Kalsel. (foto : Dharma)

Diketahui, Tim ProKaltim bersama Relawan Pemuda Pancasila PAC Balikpapan Kota didampingi unsur TNI-POLRI, menuju Desa Datar Ajab, Kec. Hantakan Kab.Hulu Sungai Tengah.

“Begitu sulitnya akses menuju ke lokasi. Tapi tidak menyurutkan niat relawan yang berangkat,” ungkap Dharma, wartawan Prokaltim yang turutserta menyerahkan bantuan.

Baca juga  Nama Mahyudin Mencuat Calon Kepala Otorita IKN. Hasan Basri: Harus dari Putra Putri Kalimantan
Warga desa Arangani pegunungan Meratus Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel yang masih belum tersentuh Pemerintah setempat.

Tim relawan memang berniat menyalurkan bantuan ke bagian pelosok. Ada 2 desa yang berdasar informasi belum terjamah bantuan karena akses menuju desa tersebut hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki sekitar 2 sampai 4 jam.

BUTUH JEMBATAN DARURAT

Dua desa yang belum terjamah bantuan yakni Desa Alat Kecamatan Hantakan Kab. Hulu Sungai Tengah RT 02. Di desa ini ada 30 rumah hanyut dan 1 langgar.

Warga dan Relawan hanya menggunakan jembatan sementara (foto: Dharma)

Sementara korban jiwa ada 4 orang dan 1 korban belum ditemukan. Lalu RT 03 Desa Alat Kec.Hantakan Kab. Hulu Sungai Tengah dengan 15 rumah hanyut.

“Di desa ini banjir menghanyutkan rumah, termasuk rumah saya,” kata Kakek Kasran, warga setempat. Dikatakan, setidaknya ada 40 rumah lain yang terdampak banjir.

Baca juga  Pegadaian Dukung Percepatan Pemberian Vaksin Covid-19
Bantuan Beberapa Sembako dari ProKaltim yang di Bantu warga desa Arangani Pegunungan Meratus Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalselsecara bergotong royong (foto: Dharma)

Dari pemantauan relawan di lapangan, hingga berita ini diturunkan Pemerintah Kalimantan Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah belum membuat Jembatan Darurat untuk saraqnan penghubung antara Desa RT 2 ke RT 3 Desa alat Kec.Hantakan Kab. Hulu Sungai Tengah.

Sejumlah warga Bersama relawan dan TNI bergotong royong membuka akses jalan
yang tetrutup akibat longsor dan banjir bandang di Desa Arangani Pegunungan Meratus Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel (foto: Dharma)

“Jembatan darurat sangat dibutuhkan karena yang ada sebelumnya putus dan hancur akibat banjir,” tandas Dharma (dar)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana