Jokowi Perintahkan 4 Hari Tuntas Bangun Jembatan Roboh

BANJARBARU,PROKALTIM – Harapan warga korban banjir Kalsel akhirnya terwujud juga. Presiden Joko Widodo tiba di Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021) siang, langsung meninjau titik lokasi banjir di Kabupaten Banjar. Salah satu lokasi yang dikunjungi yakni jembatan putus di jalan nasional lintas Kalsel-kalteng-Kaltim di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Dikutp KanalKalimantan, Jembatan penghubung trans Kalimantan di perbatasan Desa Banua Hanyar, Kecamatan Astambul dengan Desa Bawahan Pasar, Kecamatan Mataraman itu putus diterjang banjir bandang dua kali, pada Kamis (14/1/2021) dan Minggu (17/1/2021).

Putusnya jembatan ini secara otomatis menghambat arus lalu lintas perjalanan warga. Pun, juga lintas daerah yakni dari Kabupaten Banjar menuju enam Kabupaten di Hulu Sungai.

Baca juga  SMSI Dukung Polri dalam Menjamin Keamanan dan Kelancaran Mudik 2022

Jokowi mengatakan selain arus lalu lintas yang terganggu, putusnya jembatan Mataraman juga menimbulkan kendala pengiriman logistik bantauan terhadap korban banjir.
Oleh karena itu, ia memerintahkan Kementrian PUPR secepatnya memperbaiki jembatan tersebut.

“Saya sudah minta Kementrian PUPR dalam 3 sampai 4 hari ke depan, perbaikan jembatan ini bisa diselesaikan. Sehingga mobilitas barang logistik tidak terganggu,” katanya.

Presiden RI juga telah melakukan evaluasi dalam agenda kunjungan kerja di Kalsel. Ia menjanjikan bahwa kekurangan bantuan logistik akan secepatnya disuplai oleh pemerintah pusat.

“Hampir 20 ribu masyarakat Kalsel masih dalam posko pengungsian. Kekurangan logistik apapun yang dibutuhkan akan kita bantu,” terangnya. (ric/cow)

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana