Search
Search
Close this search box.

Kembangkan Agro Wisata, Masata Kaltim Kunjungi Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim

agrowisata kelengkeng

SAMARINDA, PROKALTIM – Dalam rangka pengembangan kawasan hortikultura yang ada di Kalimantan Timur, Jajaran Pengurus DPD Masata (Masyarakat Sadar Wisata) Kaltim melakukan kunjungan ke Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Kaltim untuk melakukan jalinan kerjasama pengembangan kawasan hortikultura.

Diterima langsung Kepala Dinas PTPH Kaltim Ir. Siti F. Yana, M.Si, didampingi Kabid Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Muhammad Alimuddin serta jajaran pejabat PTPH, Rombongan Masata Kaltim yang dipimpin Ketua Masata Kaltim Titin Emboen, Wakil Ketua 1 Anwar Cholis, serta pengurus lainnya yakni Alimin, Fitri Susilowati, Sabalius Uhai, Jalil, Chary Wijayanti, pertemuan perdana ini berlangsung sangat hangat dan penuh inspirasi.

Menurut Siti, kunjungan dengan diskusi perdana ini berlangsung menarik, terkait upaya membangun kesamaan persepsi untuk mendorong kerjasama sektor Pangan dan Pertanian dalam upaya MASATA sebagai salah satu stakeholder Pariwisata di Kaltim khususnya mewujudkan Desa Wisata berbasis pertanian, agrowisata, ekowisata, eduwisata, wisata kuliner berbasis pangan lokal.

Baca juga  Diskominfo Kukar Hadiri Workshop Mukernas Persada ID Seluruh Indonesia di Sanur Bali
Program kerjasama Masata Kaltim dan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam bidang Pengembangan Agro Wisata. (foto; Jalil)

“Bila pertemuan ini ditindaklanjuti dalam bentuk kerjasama program, maka akan berkembang menghasilkan nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat tani sebagai pelaku usaha ekonomi kreatif berbasis pertanian,” Ujar Siti.

Dinas Pangan, lanjutnya, akan menyiapkan program kegiatan yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota untuk melakukan pemetaan (mapping) potensi unggulan produk pangan, tanaman dan hortikultura yg selanjutnya akan dibuat even pariwisata.

“Insyaallah dari pertemuan ini, akan kami tindaklanjuti dengan MOU kerjasama Dinas PTPH dan Masata,” jelasnya.

Mendapat sambutan hangat ini, Ketua Masata Kaltim Titin Emboen didampingi Wakil Ketua 1 Anwar Cholis merasa sangat surprise akan terbangunnya kerjasama dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi pengembangan pariwisata berbasis Hortikultura.

Baca juga  Kapolda Buka Musrenbang Polda Kaltim Tahun Anggaran 2022

“Masata Kaltim memiliki program unggulan Cipta Destinasi Desa Wisata Mandiri. Maka kami wajib menggandeng Dinas Pangan, Tanaman dan Hortikultura sebagai mitra utama dalam menjalankan program ini,” ujar Titin.

Masata Kaltim bertekad, harapnya, akan mempariwisatakan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura. (ven)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]