Lakukan Pengelasan, Tongkang PT Barokah Perkasa Meledak

SAMARINDA, PROKALTIM- Ledakan dan kepulan asap membumbung tinggi mengegerkan warga, asalnya dari tongkang yang terbakar, kejadian berada Sebuah perusahaan galangan kapal PT. Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Kamis (11/2) sekitar pukul 14.50 Wita.

Belum diketahui pasti penyebab kejadian tersebut, saat tiba di lokasi tim media tidak diperkenankan masuk ke area perusahaan, tanpa alasan yang jelas

“Tidak boleh masuk karena belum ada izin resmi dari perusahaan”, ujar salah seorang petugas keamanan diperusahaan tersebut.

“Ya panik, karena ada beberapa kali ledakan, ada asap hitam, cuaca juga pas lagi berangin lumayan kencang, disitu menambah kepanikan,kami memilih mengamankan diri dan keluarga,” ujar jatmiko (48) warga sekitar lokasi kejadian.

Baca juga  RS Atma Husada Mahakam Tidak Akan Menolak Pasien, Direktur: Ini Komitmen

Adapun tongkang yang terbakar tersebut adalah tongkang Oil Bas GPE (Gemilang Perkasa Energi) milik PT. Barokah Perkasa Samarinda.

Terlihat dari kejauhan asap hitam pekat dari tongkang yang terbakar (foto : istimewa/prokaltim.com)

“Siang itu saya dapat kabar ada tongkang terbakar, terjadi saat kru kapal melakukan pengelasan, ada percikan api lalu masuk ke dalam tangki minyak dan api menyambar, terjadilah ledakan” ungkap Hairudin (40).

Prasetya Abdillah (41) salah satu saksi ditempat kejadian menuturkan dilingkungan galangan PT. Barokah, tongkang dalam posisi stand by setelah naik dok, tidak lama dari itu kemudian terdengar ledakan dari kapal, ia langsung menyiapkan langkah pemadaman, terdengar enam kali ledakan, saat kejadian terdapat dua orang kru kapal yang berada dikapal.

Baca juga  Efek Tambang Ilegal, Jalan di Sukorejo Rusak

Berkat kesigapan karyawan, warga dan dibantu oleh 7 unit Tangki Fire Truck Gabungan Disdamkar dan PMK Swasta ditambah 20 mesin Portable Relawan serta 1 regu personil Polsek Samarinda Kota, api dapat dipadamkan sekitar pukul 16.30 Wita, situasi aman terkendali. (Jum/adl)

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana