20 Warga Ukraina Terombang-Ambing di Tengah Laut Balikpapan, Akibat Speed Boat Terbalik

BALIKPAPAN, PROKALTIM – Terjadi laka laut di perairan dermaga Semayang Teluk Balikpapan, kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) mendapat informasi adanya kejadian laka laut speed boat, pada Selasa (2/3/2021) pukul 22.24 wita hingga diselamatkan pukul 23.50 Wita. Informasi pertama sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung.

Sekitar Pukul 22.00 Wita, ada 20 orang warga WNA Ukraina, 3 orang WNI bertolak dari Kapal Mereka MV Eurydiki menggunakan Speed Boat disewa untuk menuju ke Balikpapan.

Dengan jarak sekitar 30 mill dari dermaga Pelabuhan Semayang, Tim SAR pun berhasil sampai di lokasi kejadian. Dengan informasi itu, Tim Basarnas dengan cepat meluncur ke lokasi kejadian.

Baca juga  HUT Forum Komunikasi Keluarga Jawa Timur ke-36, Budiono Berharap Dihadiri Wali Kota Balikpapan

“Jadi tim langsung melakukan persiapan dilokasi kejadian melalui pelabuhan semayang, karena kami dapat laporan bahwa ada kejadian laka laut di Perairan Teluk Balikpapan, ada orang yang minta pertolongan terombang-ambing di laut,” kata Kasi Ops Basarnas Octavianto.

Guna diberikan pertolongan medis, 12 korban ini dibawa serta menuju Pelabuhan Semayang. Setibanya di lokasi kejadian Tim SAR mendapati informasi bahwa 12 orang korban berhasil diselamatkan dan berada di Kapal MV Manalagiasa.

Basarnas Kaltim dan TNI AL berhasil mengevakuasi 20 WNA Ukraina dan 3 WNI. (foto : ato)

Sementara itu terdapat juga 11 orang yang berhasil diselamatkan dan berada di Kapal TB Mulia 7 yang berdekatan dengan MV Manalagiasa. Semua korban yang berhasil diselamatkan berjumlah 23 orang,” ucapnya.

Baca juga  Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Akan Klaim Santunan, Jasa Raharja Giatkan Sosialisasi

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Balikpapan dan Lanal Balikpapan berhasil mengevakuasi ke darat 9 korban laka air speed boat yang terjadi di perairan Teluk Balikpapan, dimana 20 merupakan WNA asal Ukraina dan 3 WNI yang merupakan motoris speedboat.

Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Kaltim sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung akibat speed boat yang ditumpangi mengalami kecelakaan dan terbalik di perairan Teluk Balikpapan,” kata Octavianto, Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana