400 Lansia Balikpapan Mulai Divaksin

BALIKPAPAN, PROKALTIM – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui DKK bakal memulai vaksinasi warga kelompok lanjut usia (lansia) Minggu (7/3/2021). Untuk tahap pertama vaksinasi bagi warga kelompok lansia ini bakal menyasar 400 orang.

Ketua Satgas Covid-19 Pemkot Balikpapan, H Rizal Effendi mengungkapkan, pelaksanaan bagi ke-400 sasaran kelompok lansia tersebut akan dilaksanakan dari jam 8.00 sampai dengan jam 16.00 Wita.

Terkait dengan pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan telah menyiapkan berbagai fasilitas kesehatan (faskes), bagi pelaksanaan vaksinasi bagi warga kelompok lansia tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi bagi lansia ini masih digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, jalan Ruhui Rahayu 1 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Besok kita akan melakukan vaksin di BSCC Dome khusus untuk lansia mulai pukul 8 pagi sampai pukul 16 tapi ada sela mungkin jam 12 sampai jam 1 istirahat,” kata Wali Kota, Rizal, saat press rilis di halaman RSKD.

Baca juga  Terjebak di Tengah Laut saat Angin Kencang, Empat Pemancing Terombang-Ambing Ditengah Laut

Ia juga menjelaskan, mudah-mudahan yang divaksin bisa mencapai 400 lebih yang bisa kita vaksinasi baru sekitar 10% karena jumlah lansia di Balikpapan sudah 46.000 lebih. Selanjutnya nanti akan kita bagi baik di pusat pelayanan kesehatan kita di Puskesmas di rumah sakit dan beberapa tempat lainnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga lansia ini dilakukan secara bertahap, karena lansia menjadi prioritas juga setelah petugas kesehatan dan pelayanan publik berjalan lancar.

“Nah kita ingatkan juga kepada para lansia yang akan melakukan vaksinasi kalau punya penyakit khusus kalau bisa dilakukan konsultasi dulu kepada dokter hingga nanti datang ke tempat vaksinasi sudah bisa lebih cepat pelayanannya,” terangnya.

Jurubicara Covid-19 Kota Balikpapan, dokter Andi Sri Juliarty atau yang disapa dokter Dio, menyampaikan, jadi besok hari pertama vaksin lansia hanya di gedung BSCC Dom, kemudian bersifat undangan.

“Jadi kami harap jangan sampai berbondong-bondong datang, karena besok bersifat undangan setiap Lurah akan membawa pengawalan 10 lansianya jadi semua sudah berbagi di semua Kelurahan diwakili oleh 10 lansia dulu dan dari organisasi kelompok-kelompok sosial lainnya, jadi besok hanya di BSCC Dome,” jelas dokter Dio.

Baca juga  DW Dalang Mucikari Online Michat Anak Dibawah Umur Ditangkap Polda saat Transaksi di Salah Satu Hotel

Sementara itu dokter Dio menghimbau, yang lainnya kami harapkan melakukan pendaftaran melalui link, para lansia yang ingin mendaftar untuk bisa melaksanakan vaksinasi mulai hari Selasa depan, bisa mengakses web melalui vaksinasi.balikpapan.go.id/lansia.

“Aplikasi vaksinasi Covid-19 untuk lansia, Balikpapan memiliki aplikasi sendiri yaitu www.vaksinasi.balikpapan.go.id/lansia. Disitu silakan mendaftar,” imbuhnya.

Jadi link pendaftaran lansia yang sudah di kantor dan kita akan mulai di hari Selasa depan, besok tolong diingatkan lansia yang di undang yang bukan yang mendaftar melainkan akan di undang. Jadi bukan pada besok hari, tapi Minggu (7/3/2021) khususnya yang di undang saja. (to)

Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana