Basmi Sarang Tawon Diplafon, Pekerja Bangunan Nyaris Membakar Rumah di Balikpapan Baru

BALIKPAPAN, PROKALTIM-Salah satu rumah milik Edy Susanto (43), nyaris terbakar, terjadi di Perumahan Paris blok W1 nomor 32 RT 26 Balikpapan Baru, Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara. Rumah ini sudah lama kosong kurang lebih dua tahun terlihat kumuh dengan pemilik rumah akhirnya berinisiatif renovasi dengan memborongkan kepada pekerja bangunan. Dan apalagi rumah ini terlihat tulisan dihamparan spanduk, “rumah ini dijual”.

Pada saat lagi renovasi rumah tiba-tiba ada sarang tawon di dalam plafon rumah, si pekerja bangunan melakukan pengusiran supaya tidak mengganggu pekerjaan, demgan menggunakan potongan kain yang dibakar dengan mengandalkan asapnya.

“Tetapi karena saya yang melakukan pengusiran tersebut terlena dengan silaunya matahari jadi tidak memperhatikan alat yang dipakai untuk mengusir tawon ternyata mengenai triplek hingga akhirnya dilahap api dan api mulai membesar,” kata Sandi.

Baca juga  Polda Tangkap 5 Komplotan Pencuri Layar Monitor Alat Berat Pembangunan IKN

Sehingga Sandi bersama teman-temannya langsung berinisiatif untuk melakukan pemadaman menggunakan alat manual dan dibantu juga oleh warga sekitar untuk memadamkan api dengan menggunakan air yang ada.

Tetangga rumah sebelah bernama Martin (56) mengatakan, saya melihat pekerja bangunan lagi renovasi rumah mengusir sarang tawon pakai kain majun dibakar yang berada di lantai dua.

“Tadi jam 10 pagi saya naik mobil mau keluar rumah jemput tamu, saya lihat ada tukang bangunan usir sarang tawon pakai kain majun, saya pikir hanya ngasapin, jam setengah 11 tiba-tiba ada anak saya telepon dan sekitar 5 menit saya balik ke rumah, pemadam kebakaran sudah datang,” ungkap Martin kepada Prokaltim.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga  Penyidik ​​Lakukan Pencarian Tulang di TKP

Salah satu tukang bangunan Budi (40) pun juga mengungkapkan, salah satu temannya Sandi (25) hanya membasmi dengan bakar sarang tawon, saya hanya mantau terus kerja di dalam. “Tadi teman diluar asapin sarang tawon, saya kembali kerja di dalam, sontak kaget ada orang teriak-teriak kebakaran,” ucapnya.

Tiba dilokasi kejadian petugas piket penindak operasional UPT PBD Wilayah Selatan dan dua unit mobil Pemadam membantu proses pemadaman hingga pendinginan dan turut serta ikut membantu sejumlah relawan. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana