Search
Search
Close this search box.

Relawan Asah Kemampuan, Belajar Mitigasi dan Kotejensi

SAMARINDA, PROKALTIM- Relawan gabungan Kelurahan Lempake, Samarinda Utara asah kemampuan, belajar bersama di alam terbuka, Minggu (28/2),  bersinergi dengan Relawan Destana Lempake di kawasan Tanjung, Lempake.

Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silahturahmi sesama insan relawan se-Kelurahan Lempake, karena sangat dianggap perlu pembekalan bagi relawan, secara materi maupun praktik, hari ini materinya tentang mitigasi dan kotejensi bencana

“Tak kurang 25 peserta dari 3 satuan relawan ikut terlibat, kedepannya kami ingin dalam satu bulan paling minim 1 atau 2 kali pertemuan, kami juga gandeng Relawan Desa Tangguh Bencana (DESTANA)  Lempake, dalam hal ini mereka dilibatkan sebagai narasumber,” ujar Suhendra Ketua pelaksana kegiatan.

Ditemui secara terpisah pembina relawan Destana Lempake, Yudha Sariffudin.  Menjelaskan, kegiatan hari berjalan lancar begitu juga cuaca sangatlah mendukung , “Insya Allah kegiatan serupa akan rutin kami giatkan terutama di lingkungan kelurahan Lempake setiap bulannya”ucapnya.

Baca juga  Cegah Kecanduan Digital dengan Literasi yang Tepat 

Mitigasi bencana adalah sebuah upaya pengurangan resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik penyadaran serta kemampuan untuk menghadapi bencana.

Kotejensi bencana, lebih lanjut dijelaskan, ialah sebuah identifikasi atau penyusunan keeadan untuk kedepannya mengantisipasi hal besar yang akan atau tidak terjadi yang bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana

Yudha juga menjelaskan hal tersebut dianggap perlu karena melihat situasi atau kultur di daerah Lempake ini yang rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor, maka diperlukan pembekalan kepada para relawan, harapan kedepan semoga relawan-relawan bisa bersinergi dengan instansi terkait. (Sam/adl)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]