TKI Asal Balikpapan Terpapar Varian Baru B117

BALIKPAPAN, PROKALTIM – Terkait TKI asal Balikpapan yang baru kembali dari Arab Saudi kemudian diketahui terpapar covid-19 saat masuk Indonesia dari hasil pemeriksaan. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan soal kronologinya.

“TKI dari Arab Saudi sempat terpapar, kemudian sudah di karantina, hasilnya sudah negatif dipulangkan. Sebenarnya mereka ini rombongan sama di daerah Kerawang, pulang bersama-sama,” kata Wali Kota Rizal, Selasa (9/3/2021).

Sementara TKI tersebut sudah pulang ke Balikpapan setelah dinyatakan negatif. Dari hasil test varian baru Covid-19 asal Inggris B117 yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ternyata positif.

“Kalau kita ikut keterangan Kemenkes posisi bersangkutan kan sudah negatif. Tapi masih dilakukan test lain ternyata dia ada B117 nya, sehingga tim Kemenkes bergerak ke Balikpapan. Dan sudah pulang baru diketahui hasil test satunya itu yang B117, akhirnya diberitahu kita. Kalau swabnya PCR lebih dulu diketahui negatif ‘Covid-19’, sehingga dia diperkenankan pulang,”ungkapnya.

Baca juga  Tanpa Ada Penjelasan Resmi dari Pusat, Balikpapan Masih Bercokol di PPKM Level 4

Kemenkes datangkan timnya ke Balikpapan untuk melakukan tracing khususnya terhadap keluarga maupun kontak erat. “Karena ini varian baru jadi tim Kemenkes turun, beberapa orang yang kontak erat kemarin diperiksa,” ujarnya.

Lanjut Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan belum mengetahui cara penanganan jika pasien positif varian baru B117. Karena belum mendapatkan petunjuk dari Kemenkes. Sama seperti Gubernur Jawa Barat.

“Kita kan belum dapat petunjuk penanganannya, sama seperti Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat minta petunjuk juga belum mengerti juga. Apakah penanganannya berbeda, dan statusnya kan bukan positif lagi, sudah negatif. Apakah tetap penanganannya, kita tunggu dulu hasil tracing tim ini terhadap istrinya, terhadap kontak erat,”jelasnya.

Baca juga  Timbulkan Tanya! PPKM Terus Berlanjut. Rahmad: Trend Covid-19 Balikpapan Menurun, Namun Pusat Kekeh Menetapkan

Hasil tracing yang dilakukan terhadap keluarga maupun kontak erat dikirim ke Jakarta. “Jadi dikirim ke Jakarta, tidak di laboratorium Balikpapan, kita tunggulah, apakah hasilnya sekarang,”ucapnya.

Perlu diketahui, Pria ini sebelumnya telah menjalani karantina tanggal 5 hingga 19 Februari. Pria 48 tahun ini pada tanggal 21 Februari datang ke Balikpapan dari Arab. Kemudian tanggal 20 Februari hasil swab negatif sehingga diizinkan meninggalkan karantina dan tiba di Balikpapan per 21 Februari. warga Balikpapan yang tinggal di Kecamatan Balikpapan Timur merupakan TKI yang bekerja di Arab Saudi di bidang pertambangan. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana