+ đź‘€

Buka Rakortek BPBD Kaltim, Sa’bani : Tangani dan Layani Korban Bencana Segera

Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani membuka Rakortek Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD se-Kaltim. (Foto : A.Riyandi)

SAMARINDA,PROKALTIM – Pemprov Kaltim berkomitmen meningkatkan kapasitas daerah sebagai upaya sungguh-sungguh dan berkelanjutan, khususnya dukungan terhadap program kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana. Komitmen ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim HM Sa’bani dalam kegiatan Rapat Kordinasi Teknis (Rakortek) Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) se-Kaltim Tahun 2021, tema Sinergitas Penanganan Pasca Bencana di Kaltim, di Ballroom Hotel Harris Samarinda, Kamis (20/5) lalu.

“Mari kita semua bekerja lebih keras agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemenuhan hak dasar masyarakat korban bencana pada fase pasca bencana, terutama proses pemulihan agar mendapat kehidupan yang lebih baik dan sehat,” kata Sa’bani.

Baca juga  4 Tahun Gibol Sparta, Wawan Jadi Ketua

Sa’bani menambahkan, bencana tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi dan kepada siapa akan menimpa. Karena itu perlu upaya bersama, antara pemerintah dengan lembaga dunia usaha dan masyarakat demi meringankan beban korban akibat bencana.

Karena itu untuk penanganan bencana maupun pasca bencana Sa’bani meminta keterlibatan semua lini kelembagaan agar terus berkoordinasi dan berkolaborasi. Harapannya, dengan penanganan yang baik jumlah korban tidak bertambah dan terlayani dengan baik pula.

Terkait penanganan pasca bencana, lanjut Sa’bani perlu penanganan segera. Sejumlah bencana bahkan sudah terjadi di beberapa daerah. Musibah banjir di Kabupaten Berau dan Kutim. Tanah longsor di PPU, Paser dan Samarinda. Kebakaran pemukiman penduduk juga terjadi di beberapa daerah.

Baca juga  Tanah Datar Rusak Parah, Macet Makanan Sehari-hari

“Maka dari itu, kami mengingatkan kepada pemerintah kabupaten/kota agar melakukan berbagai antisipasi bencana maupun pasca bencana,” harap Sa’bani.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kaltim Yasir dalam laporannya mengatakan maksud rapat koordinasi selama dua hari ini untuk membangun sinergi penanganan pasca bencana di Kaltim.

Rakor dihadiri Kepala BPBD Kaltim Yudha Pranoto dan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan SDA BNPB Yolak Dalimunte. (mar/adl)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News


Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana