LPM Manggar Baru, Salah Satu Percontohan LPM Lainnya

Berbagai Program Digelar untuk Masyarakat

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur gelar buka puasa bersama, yang ditempatkan di depan kantor LPM Manggar Baru, yang juga bersebelahan kantor Kelurahan Manggar Baru.

Ketua LPM Manggar baru Nurliah Kadir bersama Wakil Ketua Syamsu Alam yang disapa Ancu mengatakan, ini bagian daripada syukuran karena kita merehab total kantor LPM Manggar Baru sekaligus juga menjalin tali silaturahmi antar sesama tokoh dan masyarakat yang ada di Balikpapan Timur khususnya Manggar Baru.

Bahwa ingin menjadikan LPM Manggar Baru itu sebagai percontohan untuk seluruh LPM-LPM yang ada di Kota Balikpapan karena program kerjanya adalah tanpa anti yang namanya proposal juga tidak pakai sumbangan dari siapapun bahkan yang kita rehab ini 100 persen adalah dana pribadi LPM Manggar Baru sendiri,” kata Wakil Ketua LPM Manggar Baru, Syamsu Alam yang disapa sehari-hari Ancu didampingi Ketua LPM kepada Prokaltim.com, Minggu (2/5/2021).

Dia juga mengatakan, makanya sesuai dengan janji ketua LPM Nurliah Kadir, tiga bulan yang lalu setelah dilantik bahwa ingin menjadikan LPM sebagai percontohan maka dari itu kerja harus jelas, supaya yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Program yang berjalan di bawah, alhamdulillah dapat dua motor Viar pengangkut sampah.

Baca juga  Sambut IKN, Wulandari Bangun Laksana Soft Opening Pentacity Hotel Balikpapan di BSB

“Satu minggu setelah kami dilantik kita dapat dua motor dan satu kontainer, gunanya untuk mengumpul semua sampah-sampah di setiap rumah yang ada di Manggar Baru, masyarakat cukup menggantung sampahnya di tiap rumahnya, setelah maghrib anggota bagian kebersihan langsung mengambil sampah tersebut. Tiap rumah dipungut biaya Rp15 ribu, tapi anggaran itu tidak masuk ke kas LPM, tapi akan dikelola di tiap RT, gunanya untuk membayar gaji yang membawa motor viar bagian kebersihan yang mengumpulkan sampah tersebut,” ucapnya.

Selain itu, Syamsu Alam didampingi Nurliah mengungkapkan, alhamdulillah LPM ini juga dapat 25 semenisasi bulan ini dari reses DPRD Provinsi, yaitu salah satu anggota DPRD Provinsi Kaltim. Setelah itu kita juga dapat 500 pemasangan sambungan PDAM gratis bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Maksudnya dengan biaya Rp 1,5 juta, tapi diansur dengan uang muka Rp 500 ribu, dan biaya pertahunnya Rp 1 juta. “Sebelumnya pemasangan sambungan PDAM dikasih 400 pemasangan ternyata Ketua LPM Nurliah menjemput bola, dan kembali berdiskusi sama pimpinan PDAM alhamdulillah pimpinan PDAM itu terketuk hatinya sehingga menambah 120 rumah lagi bahkan kita dijanjikan lagi untuk tahun 2022 itu akan ada penambahan pemasangan sambungan PDAM lagi,” terang Syamsu Alam yang juga ketua nelayan Balikpapan Timur ini.

Baca juga  Jaga Stabilitas Inflasi, TPID Kota Balikpapan dan MUI Selenggarakan Ulama Peduli Inflasi

Syamsu Alam ini juga menyampaikan, LPM Manggar Baru ini juga mengadakan program sosial, yaitu 1 sampai dengan 5 orang setiap tiga bulan sekali itu mengadakan sunat massal gratis.

“Sunat masal ini Insyaallah, setelah lebaran kita memulai disetiap 1 sampai dengan 5 orang secara gratis itu ditanggung oleh LPM, jadi anggarannya dari swadaya LPM Manggar Baru. Tanpa suntikan dana dari luar baik itu dari Pemerintah maupun dari perusahaan-perusahaan dan kita tidak menerima sumbangan,” tegas Ancu didampingi Ketua LPM.

 

LPM Manggar Baru ini yang dipimpin Nurliah Kadir ini, juga menghidupkan sektor olahraga, dan sektor kegiatan-kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat.

 

Sementara itu dia juga rutin tiap hari Sabtu dan Minggu, penyemprotan disinfektan cegah corona di tiap rumah daerah Manggar Baru, sampai detik ini corona di Manggar Baru nol besar. “Alhamdulillah dari 4 Kelurahan yang ada di Balikpapan Timur, hanya Manggar Baru nol besar dengan zona hijau sampai hari ini kita kerja cepat,” ungkapnya.

 

Dan kebetulan di kantor LPM ini adalah posko Covid-19 Kelurahan Manggar Baru, ditempatkan disini sehingga kita punya beban moril. Jadi Sabtu Minggu selain pada gotong-royong kita rutin untuk menyemprot disinfektan. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana