Tambangan Meningkat, Fenomena Jelang Lebaran Sekaligus Nostalgia

SAMARINDA, PROKALTIM- Seminggu jelang hari raya Idul Fitri, hari yang dinantikan seluruh umat muslim seluruh dunia, masyarakat pun mulai memadati fasilitas umum untuk keperluan belanja persiapan hari raya, salah satu yang padat ada di Dermaga Mahakam Hilir yang berada di Jalan Gajah Mada Kelurahan Pasar Pagi Samarinda.

Suasana sore di dermaga mahakam hilir samarinda (foto:psamudra/prokaltim.com)

Sarana transportasi air atau masyarakat lebih mengenalnya dengan taxi air atau kapal tambangan juga menjadi pilihan, selain merupakan ikon bahari Kota Samarinda yang menghubungkan kecamatan Samarinda Seberang dengan Samarinda Kota, juga menjadi nostalgia masyarakat ditengah kepadatan hiruk pikuk kota serta dapat mengurangi kepadatan kendaraan di jalur kota.

Baca juga  Siang Masih Makan Bersama, Sore Ditemukan Gantung Diri

Karena dinilai lebih efektif secara perhitungan waktu dan juga biaya yang murah, hanya dengan Rp 5000 untuk sekali jalan, masyarakat sudah bisa menikmati suasana Sungai Mahakam.

“Sudah seminggu ini mengalami peningkatan penumpang, terutama kemarin saat libur 2 hari, jam operasional dari jam 06.00 Pagi hingga 22.00 Wita,  rata-rata penumpang ada yang bekerja di kawasan pasar pagi sendiri, ada juga hanya sekedar berbelanja kebutuhan lebaran, kalo dikawasan sini ada sekitar 18 unit tambangan, Alhamdulillah biasa penghasilan pada hari biasa antara 100-150 ribu namun kali ini bisa mencapai 300 ribu perhari,” Ucap Zikri (23) salah satu motoris tambangan.

Ini fenomena yang lumrah terjadi saat momen lebaran, “Lebih suka aja, kalo naik tambangan ini, murah terus bisa sambil nyantai menikmati Sungai Mahakam,” ujar Sukma (42) penumpang kapal tambangan. (Sam/adl)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana