Search
Search
Close this search box.

Bayar Rp.40 ribu, Pelindo Sediakan 4000 GeNose bagi Penumpang Kapal

PT Pelindo mulai hari ini menyediakan GeNose bagi penumpang Kapal kedatangan dan keberangkatan. (Foto: Ato)

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pelabuhan Semayang di Balikpapan kini menyediakan tes dengan alat GeNose untuk mendeteksi apakah calon penumpang terpapar Covid-19 atau tidak. Layanan tes dengan GeNose tersebut diselenggarakan di sebelah ruang keberangkatan.

Perlu diketahui, penggunaan GeNose itu sudah diujicobakan pada para petugas dan komunitas Bandara Sepinggan pada awal bulan April lalu dan mulai resmi digunakan pada penumpang pada pertengah bulan April 2021.

Kini PT Pelindo Balikpapan mulai menerapkan pemeriksan GeNose, di pelabuhan Semayang, Balikpapan, Selasa pagi (15/6).

Tes GeNose resmi dibuka dan langsung diuji coba oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty yang disapa dr Dio bersama General Maneger (GM) Pelindo Balikpapan Iwan Sjarifuddin, Kepala KSOP Kelas I Balikpapan Takwim Masuku, dan lintas sektor di pelabuhan Semayang.

Baca juga  Kabar Duka, Istri Gubernur Kaltim Norbaiti Isran Noor Berpulang

Kepala DKK dr Dio mengatakan, dengan operasional layanan tes GeNose ini lebih ditujukan kepada penumpang yang belum memiliki surat tes antigen.

“Memang kadang-kadang ada penumpang yang ketika akan berangkat belum membawa hasil rapid test antigen sebagai syarat sebagai pelaku sehingga sangat baik disini di Pelabuhan sudah ada layanan yang memudahkan mendekatkan akses masyarakat untuk dilakukan pemeriksaan tes Genose,” terangnya.

Dia juga menyampaikan, tes GeNose memang diakui sebagai salah satu syarat yang boleh biar hasilnya negatif boleh digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan Laut, maupun udara.

“Tapi, memang berlaku pada hari keberangkatan atau satu hari saja,” ucapnya.

Calon penumpang diharapkan dapat mengikuti saran penggunaan GeNose sesuai arahan petugas. Dan dengan adanya pelayanan GeNose di pelabuhan ini diharapkan makin meringankan beban operasional penumpang.

Baca juga  Telkomsel Dukung Kelestarian Ekosistem Balai Taman Nasional Kutai Bersama DirJen KSDAE

Sementara itu GM Pelindo Balikpapan Iwan Sjarifuddin menyampaikan, pada awalnya menyiapkan 400 tes GeNose namun hari ini sudah disiapkan sekitar 2.000 alat tes GeNose.

Iwan Sjarifuddin juga menyampaikan, dalam sehari siap melayani 1.000 penumpang yang menjalani tes genose.

“Kami persiapakan untuk kapal penumpang yang datang dan berangkat. Kami sesuaikan dengan jumlah penumpang yang masuk ke pelabuhan. Kami kerjasama dengan operator pelayaran, “terangnya.

Dan dia juga menyampaikan, ada banyak penumpang yang sudah melakukan tes antigen karena salah satu syarat membeli tiket kapal adalah harus melampirkan surat keterangan tes antigen.

“Tapi bagi penumpang yang belum punya surat tes antigen, bisa pakai tes GeNose, harganya Rp 40 ribu sama dengan bandara,” ungkapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]