Demi Pemerataan Pendidikan Balikpapan, Subari: Dukung Pemkot Subsidi Siswa di Sekolah Swasta

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pemberian subsidi kepada siswa di sekolah swasta ini akan dimasukkan dalam rencana pembahasan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan tahun 2022. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berencana memberikan subsidi kepada siswa yang belajar di sekolah swasta mulai tahun 2022 mendatang.

Juga DPRD Kota Balikpapan akan mendukung rencana Pemkot yang akan mulai memberikan subsidi bagi siswa yang akan menempuh pendidikan di sekolah swasta pada tahun 2022 mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari mengatakan, siswa yang belajar di sekolah swasta juga dapat menikmati fasilitas pendidikan yang disediakan oleh pemerintah. Dan kebijakan ini dinilai efektif dalam mengantisipasi persoalan daya tampung sekolah negeri yang masih kurang.

Baca juga  Pemkot Balikpapan Cairkan Dana Hibah SPP dan Intensif Para Guru
Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari. ( Foto : Ato)

“Memang pendidikan menjadi penting sekali, kita tahu hampir setiap ajaran baru, setiap penerimaan siswa baru pasti ada persoalan antara ketersediaan ruang belajar dengan anak-anak didik, karena di sekolah negeri hampir seluruh kegiatannya ditanggung oleh pemerintah, namun di sekolah swasta harus bayar secara pribadi,” kata Subari Kepada media, belum lama ini.

Politisi PKS ini juga menambahkan, anggaran subsidi bagi siswa di sekolah swasta ini akan dialokasikan melalui anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang akan dialokasikan melalui masing-masing sekolah.

“Penting sekali karena memang hampir setiap ajaran baru masalah ketersediaan ruang kelas dengan jumlah anak didik yang akan masuk masih menjadi persoalan. Dan dengan adanya rencana pemberian subsidi bagi siswa yang bersekolah di swasta diharapkan ini bisa menjadi solusi dan akan mendorong pertumbuhan sekolah swasta yang ada, sehingga dapat bersaing dengan sekolah negeri,” ujarnya. (to)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kaltim News


Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana